Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Swarovski Digemari?

Kompas.com - 08/06/2012, 12:07 WIB

KOMPAS.com - Batu kristal menjadi pilihan favorit bagi mereka yang mendambakan penampilan mewah-elegan, memberikan gaya beda dalam berbusana. Salah satunya kristal Swarovski yang banyak dipilih para perancang, baik busana maupun aksesori juga perhiasan, untuk melengkapi desain guna memberikan penampilan mewah dan anggun.

Swarovski menjadi pilihan, terutama para perancang busana, sejak 1895. Label mode ternama seperti Dior juga Choco Chanel menjadi pelanggan setianya. Di Indonesia, desainer ternama yang terjun ke industri mode dalam negeri sejak 1984, Biyan Wanaatmadja juga memiliki batu kristal ini untuk memberikan sentuhan kemewahan yang elegan pada setiap rancangan busananya.

Meski menjadi pilihan, keanggunan busana dengan aplikasi batu kristal kembali kepada bagaimana desainer mengaplikasikannya dalam ragan jenis bahan pakaian. Beda desainer akan berbeda cara menampilkan batu kristal. Setiap negara pun memiliki karakter dan selera yang berbeda dalam mengaplikasikan batu kristal pada busana.

Direktur Asia Tenggara Swarovski Elements, Giuseppe Ravenna mengatakan penggunaan Swarovski pada produk fashion di Indonesia, mengedepankan kreativitas tinggi. Aplikasi batu kristal pada produk fashion lebih menjonjolkan sisi mewah yang eksklusif. Sementara di Amerika misalnya, Swarovski juga menjadi pilihan namun diaplikasikan dalam ragam produk komersial.

Soal warna dan pilihan potongan batu, setiap negara dan desainer punya selera masing-masing. Semua kembali kepada kreativitas sang perancang. Sehingga personalisasi gaya pun menjadi ciri utama penggunaan batu kristal ini.

"Kekuatan Swarovski dibanding batu kristal lainnya adalah kemudahan untuk disesuaikan sesuai selera dan pesanan. Ini yang membedakan, sehingga tak ada yang sama antara kristal yang dipakai desainer Indonesia, Amerika, Eropa," jelasnya saat ditemui Kompas Female seusai jumpa pers Biyan Annual Show di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kristal ini juga digemari karena mudah dibersihkan, termasuk ketika batu kristal berpadu pada busana dengan beragam model desainnya. Ragam koleksi baru yang selalu hadir, 2-3 kali dalam setahun juga membuat batu kristal ini menjadi pilihan favorit. Selain itu, batu kristal ini juga dapat bertahan di busana hingga 15 tahun lamanya.

"Pada September 2012, Swarovski akan meluncurkan kristal generasi baru yang mudah diaplikasikan, yakni Crystal Rock," tuturnya.

Dengan beragam kemudahan inilah Swarovski digemari, terutama kalangan desainer. Di Indonesia, selain Biyan, desainer yang setia menggunakan batu kristal ini pada produk fashion di antaranya Amy Atmanto, juga Elizabeth Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com