Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Idrus, Terpilih Sebagai Inspirator Hidup Sehat

Kompas.com - 11/06/2012, 00:39 WIB

KOMPAS.com - Perjalanan pemilihan ikon pria inspirator hidup sehat bertubuh atletis, L-Men of The Year 2012, berakhir dengan terpilihnya Rizal Idrus dari Sulawesi Selatan sebagai pemenang.

Membawa gelar L-Men of The Year 2012, Rizal tak hanya membuktikan kemampuannya untuk mencapai tubuh atletis yang sehat. Ia juga menunjukkan bahwa pilihan olahraga dan asupan bernutrisi yang tepat dapat menunjang gaya hidup sehat.

Tak hanya berdedikasi untuk mendapatkan tubuh atletis yang sehat, sebagai pemenang Rizal juga terbukti mampu menjadi role model dalam mencapai tujuan hidup sehat, tanpa meninggalkan kekuatan karakter dan kepribadian.

Memasuki tahun ke-9, L-Men of The Year kali ini menonjolkan kekuatan karakter dari 14 grand finalist dari berbagai latar belakang. Mulai dokter muda seperti Rizal, atlet, model, entrepreneur, aktivis sosial dan lainnya.

Sejak masa karantina selama 10 hari, kontestan membekali diri dengan berbagai keterampilan dalam kelas, seperti modelling, personal branding, akting, social media, nutrisi, hingga psikologi. Hal ini semakin menambah kuat karakter masing-masing peserta.

"Masing-masing finalis setiap tahunnya memiliki karakter yang berbeda, memiliki profil yang mendukung pola hidup sehat. Namun memang tahun ini paling kuat karakter finalis dalam hal kesehatan dan olahraga. Finalis 2012 memiliki perjalanan dan perjuangan yang menginspirasi dalam menjalankan pola hidup sehat. Seperti Teguh yang sudah enam kali mengikuti ajang ini dan tak berhenti mencoba, juga Akbar yang sudah mengikuti audisi sejak 2007 hingga akhirnya sekarang terpilih sebagai runner up pertama," jelas Christian Widi Nugraha, Brand Manager L-Men, saat jumpa pers di XXI Ballroom Djakarta Theatre Building, Jakarta, Minggu (10/6/2012).

Di malam puncak pemilihan ikon pria sehat bertema besar "The Journey" ini, Rizal berhasil menumbangkan dua pesaing dalam tiga besar, yakni Akbar Kurniawan (DI Yogyakarta) sebagai 1st Runner Up, dan Stephan Hofmann (Jawa Barat) sebagai 2nd Runner Up. Serta mengalahkan dua peserta lainnya yang berkesempatan masuk dalam tahap Top 5, yakni Jero Lakhwani (Jawa Timur,) dan Mikhel Wandana (DKI Jakarta).

"Untuk membawa nama dan membanggakan Indonesia, saya akan fokus berprestasi," ungkap Rizal dalam sesi wawancara di babak tiga besar. Saat jumpa pers ia mengatakan, "Ini adalah langkah awal, bukan akhir untuk menginspirasi orang lain. Tujuan saya adalah menjadi tenaga medis, namun juga bisa menjadi inspirator terutama untuk pemuda, sehingga bisa membantu menurunkan angka kematian dan penyakit akibat pola hidup tidak sehat."

Rizal membuktikan, meski sibuk berprofesi sebagai dokter muda ia mampu tampil terdepan menginspirasi hidup sehat. Ia pun berhasil menjalankan amanat ayahnya. "Ayah saya berpesan, sebelum ia meninggal karena jantung, agar saya bisa menjadi inspirator hidup sehat," ungkapnya.

Nutrifood melalui L-Men menyeleksi kontestan bertubuh atletis dan sehat, dari 19 kota mulai Januari hingga Mei 2012. Mereka terpilih melalui audisi di tiga kota, juga pre-audisi di delapan kota zona satu, dan delapan kota zona dua, serta melalui Wild Card yang dipilih dari Top 10 seluruh kota pre-audisi dan audisi.

Usai mengikuti pemilihan di Indonesia, pemenang L-Men of The Year 2012 berkesempatan mewakili Indonesia ke ajang Mister Internasional. Pemenang akan melanjutkan prestasi yang sudah ditorehkan Steven Yoswara, L-Men of the Year 2009 yang berhasil meraih posisi 2nd Runner Up Mister International 2011, dan 1st Runner up Best National Costume, Thailand.

Selain memilih pemenang,  tim juri yang terdiri atas Marissa Nasution, Sandra Angelia, Steven Yoswara, serta Christian Widi Nugraha, juga memilih peraih penghargaan istimewa L-Men of The Year 2012, yakni:

The Best Catwalk: Stephan Hofmann, Jawa Barat
The Best Social Media Influencer: Fendy Lontoh, Sulawesi Tengah
The Best Body: Dhani Ardansky, Sumatera Barat
The Most Photogenic: Rizal Idrus, Sulawesi Selatan
The Best Acting Model: Agil Widana, Jawa Tengah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com