Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Sekadar Berburu Kuliner Tradisional

Kompas.com - 24/06/2012, 17:32 WIB

KOMPAS.com - Wisata kuliner dapat menjadi pilihan berakhir pekan menyenangkan bersama keluarga. Untuk memuaskan selera berwisata kuliner, majalah Sedap kembali menggelar acara Sedap Mighty Culinary 2012 di Hall Basket Senayan, Jakarta. Selain mengajak masyarakat, utamanya kalangan muda, untuk melestarikan kuliner lokal dengan mengapresiasinya, kegiatan ini juga memberikan wadah bagi pencinta kuliner untuk lebih mengenal kuliner tradisional melalui sejumlah talkshow dan demo memasak.

"Acara ini tak hanya bertujuan untuk memuaskan keinginan berwisata kuliner, tapi juga bertujuan untuk membantu memulai usaha melalui beragam aktivitasnya," tukas Semijati Purwadaria, pemimpin redaksi majalah Sedap kepada Kompas Female dalam acara Sedap Mighty Culinary 2012 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Minggu (24/06/2012).

Pesta kuliner tradisional

Sedap Mighty Culinary ini juga bertujuan untuk mengangkat kembali citra makanan tradisional yang hampir punah. Maka dalam ajang pesta kuliner ini dihadirkan berbagai makanan tradisional.

"Kami terpanggil untuk melestarikan budaya tradisional yang nyaris punah karena generasi muda jarang mengenal makanan ini," tambahnya.

Beragam gerai makanan tradisional dihadirkan di acara ini, antara lain: Sate Klopo, Kupang Lontong, Bubur Moy-Moy, Sambal Kedaton, Bebek Garang, Boloe Kodja Nini, Pecel Batagor 'Hanimun', Risoles Melepuh, Cuanki Dara Kembar, Es Kering, Sosis King, Nugget Jamur, Spekoek Hollifood, Tahu Petis Yudhistira, Sego Pedes, Es Jelly Singapore, sampai Dendeng Daun Singkong yang unik.

Antusiasme masyarakat pun tinggi ditandai dengan kemeriahan dan padatnya pengunjung di pesta kuliner tradisional ini. Mereka datang untuk menyantap dan mengenali lebih dekat berbagai makanan yang unik dan nikmat. Ada sekitar 100 gerai yang dihadirkan dalam acara ini, dan kebanyakan didatangkan langsung dari daerah asalnya.

Ditambahkan Semijati, yang istimewa dari Sedap Mighty Culinary 2012 kali ini adalah adanya gerai Indonesia Food Gallery. Di tempat ini, Anda bisa menemukan berbagai makanan khas Indonesia dari berbagai daerah yang otentik dan juga jarang ditemui seperti Ombus-Ombus, Singgang Belur Payakumbuh, Kambewe, Kapussu Nussu Koholeo, Rambanan sampai Rujak Kuah Pindang, sampai Gulai Umbut.

Selain menghadirkan aneka makanan yang unik, ajang ini juga menghadirkan sejumlah talkshow dan ragam kegiatan lainnya. "Talkshow ini menghadirkan berbagai pembicara dari para pengusaha untuk memberikan berbagai tips usaha," bebernya.

Talkshow di pesta kuliner tradisional ini menghadirkan pembicara seperti Riezka Rahmatiana, pemilik Pisang Ijo Just Mine, Ali Bagus pemilik Bebek Garang, dan Jessica Diana yang ahli menganalisa logo usaha melalui fengshui.

Untuk menambah kemampuan memasak para pecinta kuliner lokal, Sedap juga menghadirkan booth cooking demo. Majalah Sedap menghadirkan lima chef yang handal seperti Chef Odie Jamil, Billy Kalangi, Theodorus Setyo, Rinrin Marinka, dan juga Chef Vindex Tengker. Uniknya, cooking demo ini berkonsep marathon yang dihadirkan sejak pagi tak henti sampai sore hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com