Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tofu Tak Hancur Saat Digoreng

Kompas.com - 24/06/2012, 17:39 WIB

KOMPAS.com - Egg Tofu atau tahu telur sutera merupakan salah satu jenis makanan yang sangat disukai. Tofu punya tekstur yang lembut dan rasa yang gurih sehingga cocok digunakan untuk berbagai olahan makanan.

"Sayangnya, jenis tahu sutera merupakan tahu yang sangat lembut sehingga sangat mudah hancur," ungkap chef Billy Kalangi, dalam acara cooking demo Sedap Mighty Culinary 2012 di Hall Basket Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (24/6/2012).

Tofu goreng dengan bentuk yang beraturan atau hancur, pastinya tidak akan menarik perhatian untuk disantap. Untuk menghasilkan bentuk tofu goreng yang utuh dan cantik, maka ada ada teknik yang bisa dilakukan. "Sebelum digoreng, balut tofu dengan tepung maizena," tukasnya.

Chef Billy menyarankan, sebaiknya sebelum mengolahnya, rendam tofu dalam air hangat bersama dengan plastik pembungkusnya. Setelah direndam selama beberapa menit, potong plastik pembungkus tofu ini di bagian tengahnya. "Memotong tofu memang harus dimulai dari bagian tengah, agar bentuknya tetap cantik dan bulat," lanjutnya.

Setelah dipotong sesuai selera, gulingkan tofu ke dalam tepung maizena, baru kemudian digoreng sampai kering. Tepung maizena akan membantu mengikat tofu dengan bentuk aslinya, sehingga tidak akan pecah dan lengket di penggorengan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com