Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghilangkan Bau Amis pada Lidah Sapi

Kompas.com - 25/06/2012, 14:28 WIB

KOMPAS.com - Selain dagingnya, lidah sapi juga jadi bagian yang banyak disukai karena rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal. Lidah sapi bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan yang nikmat, seperti semur, steak, ataupun hanya sekedar ditumis sederhana.

"Hanya saja mengolah lidah ini agak sedikit tricky, karena jika salah olah bisa jadi amis," tukas chef Vindex Tengker kepada Kompas Female, dalam acara cooking demo Sedap Mighty Culinary 2012 di Hall Basket Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (24/06/2012) lalu.

Agar lidah sapi tak meninggalkan bau amis ketika diolah, maka chef Vindex menyarankan untuk selalu mencuci bersih lidah sapi ini. Setelah dicuci bersih, rebus lidah sapi dalam air mendidih. Tambahkan perasan air jeruk lemon dan lada ke dalam rebusan lidah ini dan masak sampai lidah ini empuk. Sebagai ganti air jeruk lemon, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis lidah sapi.

Vindex mengungkapkan, untuk menghilangkan amis tidak perlu menambahkan daun salam. Daun salam tidak akan menghilangkan bau amis, namun penambahan daun salam ini berfungsi untuk menambah rasa gurih pada lidah sapi.

Setelah lidah sapi empuk, kupas lidah dari kulit luarnya dan potong-potong sesuai kebutuhan. Satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan mengupas kulit dan memotong-motong lidahnya sebelum direbus. Pengupasan kulit sebelum proses perebusan akan membuat lidah sapi kehilangan bentuknya, sehingga saat direbus lidah sapi ini lebih mudah hancur.

"Lidah sapi yang dipotong sebelum direbus akan membuat lidah kehilangan banyak ekstrak di dalamnya dan justru lidahnya akan lebih keras di bagian dalam," saran Vindex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com