Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Maksimalkah Cara Anda Membersihkan Muka?

Kompas.com - 27/06/2012, 09:48 WIB

KOMPAS.com - Kemampuan para perempuan untuk merias dan mempercantik dirinya dengan make-up rasanya sudah tak perlu diragukan lagi. Mereka juga sudah lebih cekatan dalam menyesuaikan warna-warna make-up untuk berbagai kesempatan.

"Selain itu, pengetahuan yang luas dan kemudahan teknologi juga membuat perempuan Indonesia jadi lebih tahu tentang tren make-up dunia dan bisa memilih mana yang cocok untuk wajahnya," tukas Astrid Tjahyanto, Training Manager Produk and Make-up Skill Etude House Indonesia kepada Kompas Female, dalam acara Etude Time 2 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sayangnya, keterampilan merias wajah ini belum dibarengi dengan kesadaran untuk merawat kulit, khususnya kulit wajah, dengan cermat. Astrid mengungkapkan bahwa perempuan Indonesia cenderung malas merawat dan menjaga kebersihan wajah. "Seringkali karena sudah lelah dengan aktivitas sepanjang hari, mereka membersihkan muka dengan seadanya saja, atau malah langsung tidur,"  ungkapnya.

Kondisi kulit wajah yang tertutup make-up seharian, dan diperparah dengan kondisi iklim yang kering dan panas, akan menjadi rusak jika dibiasakan untuk tidak dibersihkan dan dirawat secara teratur. Anda mungkin sudah membersihkan sisa make-up, baik waktu mandi ataupun sebelum tidur, tapi proses cleansing yang dilakukan seringkali tidak sempurna. Akibatnya, timbul jerawat dan kulit menjadi kusam. 

Untuk membersihkan sisa make-up dengan sempurna, mulailah dengan mencuci muka dengan sabun muka yang cocok untuk kulit. Kemudian, lanjutkan dengan menggunakan toner khusus muka yang lembut. Sekadar catatan, gunakan toner dan bukan penyegar. "Toner tidak sama dengan penyegar, karena punya manfaat yang berbeda," jelas Astrid.

Mungkin Anda mengira sabun cuci muka dapat membersihkan kotoran secara total. Namun sabun muka sebenarnya masih meninggalkan sisa-sisa timbunan sabun di kulit wajah. Nah, toner berfungsi untuk menghilangkan residu ini. Sedangkan penyegar hanya berfungsi untuk menyegarkan wajah tanpa mengangkat residu sabun. Untuk melengkapi kebersihan wajah, gunakan masker minimal seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati dan melembabkan kulit wajah Anda.

Proses membersihkan sisa-sisa make-up atau cleansing sebaiknya dilakukan minimal dua kali sehari, pada pagi hari sebelum mengaplikasikan make-up, dan malam sebelum tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com