Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulit Pria Lebih Mudah Berminyak

Kompas.com - 28/06/2012, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Paparan asap kendaraan bermotor, sinar matahari, debu, hingga pendingin udara yang kering, sangat lekat dengan keseharian kita, tak terkecuali para pria. Oleh sebab itu, sebenarnya para pria juga membutuhkan perawatan kulit wajah secara rutin. Sebab jika tidak dirawat dengan baik, berbagai paparan udara kotor ini membuat kulit wajah terlihat lebih kusam.

"Padahal penampilan adalah salah satu kunci untuk sukses di segala bidang, seperti pertemanan, pekerjaan, atau hubungan personal sekalipun. Jika penampilan enak dilihat, maka kita pasti jadi lebih percaya diri dan nyaman melakukan apapun," ungkap aktor Jonas Rivano kepada Kompas Female, saat peluncuran Nivea For Men Cooling Volcanic Mud di Tee Box Cafe, Jakarta Selatan, Rabu (27/6/2012) lalu.

Selain menghadapi paparan dari faktor eksternal seperti polusi, debu, dan sinar matahari, pria juga menghadapi masalah internal di kulit wajahnya, yaitu produksi kulit yang berminyak. Menurut penelitian Usage and Attitude yang dilakukan oleh TNS (perusahaan penyedia layanan survei pasar) untuk PT Beiersdorf Indonesia (Nivea), 61 persen pria di Indonesia memiliki jenis kulit yang berminyak.

Diungkapkan juga bahwa 33 persen pria menganggap kulit berminyak merupakan akar dari berbagai permasalahan kulit lainnya, seperti jerawat, komedo, kulit kasar, dan kulit kusam. Hal ini menjadi sebuah permasalahan yang mengganggu, terutama ketika mereka dituntut untuk memiliki penampilan yang prima.

"Kulit berminyak sebenarnya mempunyai sisi positif, yaitu mengurangi sensitivitas kulit akan polusi dan sinar matahari, dan melembabkannya. Akan tetapi terlalu banyak minyak yang diproduksi kulit wajah akan membuat terlihat mengilap dan tidak nyaman," tukas ahli dermatologi dr Samuel Lucas Simon, SpKK.

Ia juga menambahkan, dibandingkan dengan perempuan, kulit pria jauh lebih berminyak. Hal ini disebabkan oleh hormon testosteron di dalam tubuh, yang merangsang produksi minyak berlebih di kulit wajah dan membuatnya lebih mudah berjerawat.

Jika dulu pria tergolong cuek, sekarang mereka sudah lebih peduli terhadap kesehatan kulit wajahnya. "Sekitar 50 persen pria sudah lebih konsen merawat wajahnya," beber dr Samuel. Agar wajah tak terlalu berminyak dan berjerawat, sebaiknya Anda meminta si dia membiasakan diri untuk mencuci mukanya minimal dua kali sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com