Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2012, 17:13 WIB

KOMPAS.com — Suka minum jus buah atau sayuran? Jika ya, sebaiknya Anda berhati-hati karena jus buah dan sayuran ternyata memiliki kandungan asam yang bisa merusak gigi. Bahkan, Dr Uchenna Okoye dari klinik gigi London Smiling, Inggris, mengungkapkan, jus buah bisa memberi efek buruk pada gigi seperti minuman bersoda.

"Yang paling parah adalah jika Anda mengonsumsi konsentrat jus yang tinggi karena kandungan asam dan gulanya sangat tinggi," katanya.

Sekalipun fruktosa merupakan gula alami pada buah, di dalam tubuh, fruktosa tetap dikenal sebagai gula yang bisa berbahaya bagi gigi. Penumpukan gula di lapisan gigi setelah meminum jus bisa menyebabkan gigi berlubang.

Meski demikian, bagi perempuan, konsumsi jus buah dan sayur agak sulit dihindari karena diyakini bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan kulit. Nah, agar mendapat semua manfaat baik dari jus buah tanpa merusak gigi, Dr Okoye menyarankan untuk menggunakan sedotan ketika minum jus. Penggunaan sedotan bertujuan untuk meminimalisasi bagian gigi yang terkena asam dan gula dari jus.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk tidak langsung menyikat gigi setelah minum jus. Menyikat gigi setelah minum jus justru akan meratakan gula dan asam di seluruh permukaan gigi dan merusak enamel gigi. Enamel gigi yang rusak akan membuat gigi mudah rapuh dan berlubang.

"Akan lebih baik jika Anda menyikat gigi sebelum minum jus agar bisa membantu melapisi gigi sehingga enamelnya tak terkikis," ujarnya. Untuk melindungi gigi dengan maksimal, gunakan pasta gigi yang mengandung flouride agar gigi lebih kuat dan terlindungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com