Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2012, 13:10 WIB

KOMPAS.com - Bebek goreng yang empuk pasti sulit dilewatkan. Namun, terkadang saat ingin mencoba membuat sendiri di rumah, seringkali daging bebek menjadi liat dan kurang sedap.

"Mengolah daging bebek memang susah-susah gampang. Cara memasak yang salah atau terlalu lama justru akan membuat bebek jadi lebih keras dan liat," ungkap Chef Vindex Tengker, saat demo masak Creative Culinary Creation 2012 di The Food Hall, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2012) lalu.

Ketika mengolah daging bebek dengan cara pan fried (digoreng dengan minyak sedikit), ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Pertama, menggunakan sedikit minyak zaitun atau minyak canola untuk mematangkan daging di atas wajan antilengket. Untuk menjaga agar daging bebek tidak mudah hancur, matangkan dulu daging di salah satu sisinya terlebih dahulu. Setelah matang dan berubah kecoklatan, daging bisa dibalik dan dimatangkan pada sisi lainnya.

"Salah satu tanda bahwa daging sudah matang bisa dilihat dari lapisan lemaknya," beber Vindex.

Ketika lapisan lemak yang berwarna putih dan berada di area daging sudah mulai turun menuju ke bagian daging bawah (sisi yang sedang dimasak), berarti daging sudah matang dan siap dibalik. Lapisan lemak yang sudah turun itu akan berubah menjadi minyak yang mencair di wajan.

Vindex mengungkapkan, untuk mematangkan daging bebek seberat 200 gr di satu sisi dibutuhkan waktu sekitar 5 menit. Sedangkan untuk sisi sebaliknya membutuhkan waktu sekitar 2-3 menit saja.

"Untuk bebek pan fried, tingkat kematangan yang paling bagus adalah medium rare, karena masih ada jus di dalam dagingnya. Sedangkan untuk daging well done, biasanya akan terasa alot," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com