Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2012, 09:29 WIB

KOMPAS.com - Tempura yang garing dan gurih memang menjadi salah satu olahan makanan yang disukai banyak orang. Renyahnya tepung tempura yang berbalut daging udang ini menjadi sensasi tersendiri ketika menyantapnya. Tetapi saat membuat tempura sendiri, kenapa ya renyahnya berbeda dengan yang ada di restoran?

"Kriuk-kriuk tepung atau yang disebut kembang tempura ini memang jadi nilai tambah saat menyantap tempura. Tempura tidak enak kalau tepungnya ini melempem," tukas Chef Teguh Suroso dari Poke Sushi, saat cooking class di Hotel Crowne Plaza, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2012) lalu.

Menurut Chef Teguh, salah satu kunci kerenyahan tempura terletak pada penggunaan tepung khusus tempura. Tepung ini sudah banyak dijual di pasaran. "Namun jika agak sulit menemukan tepung ini, bisa juga diakali dengan penggunaan tepung terigu biasa," tukasnya.

Untuk menghasilkan tempura yang renyah, tepung terigu harus dicampur dengan tepung sagu. Perbandingan antara tepung terigu dan sagu ini adalah 3 : 1. Terlalu banyak tepung terigu akan membuat tepung tempura ini menjadi cepat melempem dan tidak garing. Namun, penambahan tepung sagu yang terlalu banyak akan membuat tempura menjadi alot.

Trik lain untuk membuat tempura menjadi lebih renyah adalah dengan menggunakan air es untuk melarutkan campuran tepung ini.

"Selain membuat jadi lebih renyah, air es juga akan membantu kembang tempura bisa menempel di udang dengan sempurna," tukasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com