Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2012, 10:12 WIB

KOMPAS.com - Setiap perempuan pasti sudah berusaha merawat ketiaknya, paling tidak dengan mencukur bulunya dan membubuhkan deodoran untuk mencegah keringat berlebihan. Namun, mencukur saja ternyata tidak cukup. Meskipun tidak ada rambut yang tumbuh panjang-panjang, namun bekas cukuran biasanya menyisakan bintil-bintil bahkan kadang kehitaman, yang jelas tidak sedap dipandang.

Tetapi, hanya gara-gara ketiak kurang memesona, tentu tidak berarti Anda harus berhenti memakai atasan tanpa lengan. Lebih, cari tahu saja bagaimana cara memperbaiki penampilan ketiak agar Anda lebih pede ketika melambaikan tangan.

Cukur dari segala arah. Karena rambut ketiak tumbuh ke segala arah, maka untuk melenyapkannya Anda juga harus mencukurnya dari segala arah. Coba gunakan shaving oil (atau dicampur dengan body atau cleansing oil) agar hasilnya lebih mulus.

Waxing atau laser. Cara ini akan efektif jika bulu ketiak Anda tergolong sangat hitam, sehingga masih terlihat meskipun sudah dicukur. Laser akan melenyapkan seluruh rambut, sehingga permukaan kulit akan mulus tanpa ada yang terlihat di bawahnya. Efek waxing kurang lebih sama, selama yang digunakan adalah lilin yang keras, bukan yang model strip.

Kulit ketiak menggelap
. Hal ini umumnya disebabkan oleh iritasi dan gesekan (dari keringat, pencukuran, atau pakaian). Kulit yang menggelap tak dapat dibiarkan, karena bisa menyebabkan peradangan. Cukurlah bulu ketiak menggunakan krim atau baby oil, dan pastikan pisau cukur Anda tidak tumpul. Bila kondisinya parah, coba konsultasikan dengan ahli dermatologi untuk diberi resep krim pencerah kulit atau perawatan laser.

Eksfoliasi. Heran mengapa selebriti atau model bisa menampakkan ketiak yang mulus? Karena mereka rutin melakukan pengelupasan dan mikrodermabrasi. Anda bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan body scrub yang lembut (karena kulit ketiak jauh lebih sensitif), atau pembersih yang mengandung asam salisilat atau asam laktat.

Rambut tumbuh ke dalam (ingrowns hair). Rambut yang tumbuh ke dalam menyebabkan ketiak menampakkan bintik-bintik hitam yang menebal. Oleskan obat jerawat yang mengandung asam salisilat (bisa diperoleh di apotek). Bila tak sempat merawatnya, samarkan dengan menggunakan sikat concealer untuk meratakan concealer yang bebas minyak dan kaya pigmen langsung ke area yang berubah warna.

Gunakan deodoran. Untuk meredam keringat, gunakan deodoran pada malam hari dan sekali lagi pada pagi hari. Hal ini untuk memberi waktu bagi bahan aktifnya untuk memasuki pori-pori dan menghambat keringat.

Beri pelembab. Mencukur bulu ketiak, atau rutin menggunakan deodoran, dapat mengeringkan kulit ketiak. Karena itu, tak ada salahnya menggunakan losion hingga ke area ketiak. 

Keringat berlebih? Rawat dengan Botox. Botox umumnya diinjeksikan untuk menarik kerutan-kerutan tajam pada wajah, namun perawatan ini sebenarnya juga dilakukan untuk mengatasi problem lain. Misalnya, untuk merawat keringat yang berlebihan. Caranya dengan melumpuhkan kelenjar keringat. Namun, efeknya tidak akan permanen. Setiap sembilan bulan, Anda harus mengulang prosedur ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com