Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2012, 13:55 WIB

KOMPAS.com -  Sekalipun membuat tempura terbilang gampang, nyatanya masih agak sulit untuk membuat tempura seperti di restoran Jepang. Banyak orang beranggapan bahwa tip sukses membuat tempura terletak pada tepung yang digunakan.

"Untuk menghasilkan tempura yang renyah dan banyak kembang tempuranya, maka selain memilih jenis tepung, perhatikan juga tingkat panas minyak," tukas Chef Teguh Suroso dari Poke Sushi, dalam acara demo memasak di Poke Sushi Hotel Crowne Plaza, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Agar tempura garing, perhatikan komposisi antara tepung tempura, air, dan kuning telur.  Teguh menyarankan, untuk satu kilogram tepung, gunakan kuning telur dari satu butir telur, dan 500-600 cc air es. "Air es berfungsi agar kembang tempura ini bisa menempel di udang saat digoreng," bebernya.

Selain itu, cara menggoreng tempura juga harus diperhatikan. Untuk menghasilkan warna udang yang cantik, sebaiknya goreng tempura pada suhu 100-200 derajat celcius. Teguh mengungkapkan, jika menggoreng tempura saat minyak belum panas, maka tempura akan cepat melempem dan tidak garing. Sedangkan jika minyak terlalu panas, maka tempura akan mudah gosong padahal bagian dalamnya belum matang.

"Salah satu cara menguji minyak sudah panas atau belum adalah dengan meneteskan sedikit campuran tepung ke dalam minyak. Jika tepung langsung matang dan terangkat ke atas artinya minyak sudah cukup panasnya," pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com