Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2012, 13:54 WIB

KOMPAS.com - Berpuasa di bulan Ramadhan semestinya tak menjadi alasan untuk mengurangi aktivitas fisik, apalagi bagi Anda yang rutin melakukan yoga. Agar tetap bersemangat berlatih yoga, pahami keterkaitan yoga dan puasa, serta manfaat yang didapat jika berlatih yoga saat berpuasa.

Praktisi dan pelatih yoga, Devi Asmarani dalam bukunya berjudul "Yoga untuk Semua, Panduan Berlatih Yoga yang Lengkap dan Aman", menjelaskan puasa merupakan bagian dari tradisi yoga. Ia melanjutkan, dalam tradisi kuno yoga, puasa mulai dilakukan sejak matahari terbit hingga terbit lagi esok hari. Puasa makan dimulai sejak bangun tidur dan bila kuat, minum pun juga dihindari.

"Puasa dan yoga sama-sama saling mengisi," jelasnya.

Pada tradisi yoga, buka puasa dilakukan pada esok pagi dengan mengonsumsi air putih dicampur perasan jeruk lemon. Dilanjutkan dengan buah-buahan lalu makanan sehat lainnya. Detoksifikasi secara rutin ini melancarkan jalur-jalur energi tubuh sehingga dapat lebih memaksimalkan manfaat yoga pada tubuh.

Nah, selain menjadi ritual, berlatih yoga yang disesuaikan dengan kondisi tubuh saat berpuasa juga mendatangkan manfaat. Devi menjelaskan, gerakan lembut, peregangan otot, postur memuntir, serta metode-metode pernafasan banyak membantu dan mempercepat proses detoksifikasi. "Yoga juga meningkatkan stamina tubuh sehingga tetap bugar selama berpuasa," jelasnya.

Devi menjelaskan sejumlah gerakan yoga dan manfaat yang didapatkan darinya. Postur menekuk ke depan memijat lembut otak bagian depan dan mengurangi kecepatan jantung memompa darah. Sebaliknya, postur membuka dada seperti kobra, akan memompa lebih banyak oksigen dan darah ke seluruh tubuh. "Kedua jenis postur ini memberi stimulasi yang sehat untuk organ-organ dalam perut," lanjutnya.

Kala berpuasa, saat energi menurun, hindari postur membuka dada yang terlalu ekstrem karena akan menyebabkan pusing. Devi menyarankan, sebaiknya gunakan alat bantu seperti kursi, bantal, atau blok kalau Anda masih merasakan pusing akibat sejumlah postur membuka dada.

Berlatih yoga saat berpuasa juga menjaga kondisi tubuh tetap segar, bugar dan lebih tenang. Pasalnya, latihan yoga yang fokus pada teknik pernapasan akan menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyelaraskan produksi hormon.

Agar Anda merasakan manfaat maksimal latihan yoga saat berpuasa, sebaiknya lakukan yoga sebelum waktu berbuka puasa ketika perut dalam keadaan kosong. Pilihan waktu beryoga lainnya saat berpuasa adalah di pagi hari, dua jam setelah sahur.

Bagi Anda yang sudah terbiasa berlatih yoga, gerakan-gerakan ini tentu tak asing lagi: postur kucing (spinal rolls), postur anak (balasana), postur kupu-kupu berbaring (reclining bound angle pose), viparita karani, savasana. Menurut Devi, gerakan yoga inilah yang tepat dilakukan saat Anda berpuasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com