Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2012, 11:53 WIB

KOMPAS.com - Dalam hidup, setiap orang pasti memiliki setiap masalahnya masing-masing. Namun menurut psikolog Kassandra Putranto, ada beberapa masalah utama yang sering dihadapi oleh perempuan Indonesia. "Ada dua masalah utama yang menjadi momok terbesar dalam kehidupan perempuan di Indonesia, baik yang berhubungan dengan rumah tangga maupun penampilan," tukas Kassandra, dalam acara talkshow "Inspirasi Kenyamanan Wanita" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

1. Konflik rumah tangga
Konflik rumah tangga yang dihadapi pasangan merupakan masalah klasik yang biasa dialami. Meski terbilang klasik, namun masalah ini masih menjadi poin utama permasalahan yang dihadapi perempuan. "Konflik yang dialami ini bisa terjadi karena banyak penyebab. Namun, apa pun alasannya, para perempuan Indonesia masih banyak yang terbebani dengan adanya masalah ini," tukasnya. Adanya konflik rumah tangga yang dialami ini bisa membuat banyak perempuan menjadi tertekan dan akhirnya depresi.

2. Bentuk tubuh
Banyak perempuan yang merasa tak puas dengan penampilan diri mereka sendiri. "Mereka merasa punya banyak kekurangan di banyak sisi tubuhnya, dan tidak puas. Ini akan membuat mereka terobsesi untuk melakukan operasi plastik agar sempurna," jelasnya. Berbagai upaya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sempurna dan indah seperti diet ketat pun rela dilakukan, demi mendapatkan pujian dari banyak orang mengenai penampilannya.

Menurut Kassandra, ketidakpuasan akan penampilan tubuh ini bukanlah ketidakpuasan yang sifatnya sementara. Biasanya ketidakpuasan ini merupakan akumulasi kekecewaan terhadap kekurangan fisik yang dimiliki sejak lama. Ketidakpuasan ini akan semakin meningkat ketika melihat perempuan lainnya memiliki penampilan yang lebih sempurna sesuai dengan yang Anda inginkan. Tidak puas akan bentuk tubuh dan penampilan ini bisa membuat banyak perempuan merasa depresi, rendah diri, dan mengurangi kepercayaan dirinya.

Lalu bagaimana dengan Anda, apakah dua masalah ini jadi poin utama permasalahan hidup Anda? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com