Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2012, 12:44 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda perhatikan saat wajah Anda diam tanpa ekspresi? Atau Anda sering mendapatkan tanggapan tentang wajah Anda terlihat sedih, galak? Dan reaksi Anda cuma bisa bilang "Sudah dari sananya begini!" Benarkah hal tersebut merupakan takdir yang tak bisa dirubah? Ternyata tidak juga, wajah Anda bisa dikoreksi ekspresinya menjadi lebih ramah dan setia. Anda pun bisa mengucapkan selamat tinggal pada wajah sedih atau galak Anda.

"Setiap orang punya reaksi otot dominan di wajahnya akibat kebiasaan. Biasanya kalau bangun tidur Anda akan merasa bibir mengerucut ke bawah atau atau dahi sedikit terangkat. Itu namanya otot dominan yang sering Anda gunakan itu yang biasanya menyebabkan seseorang terlihat murung atau galak saat diam," terang Dr. Olivia Ong, Dipl. AAAM saat ditemui di kliniknya di Hang Lekir V No. 23, Jakarta Selatan, selasa (24/07) kemarin.

"Proses penuaan bisa terjadi pada awal usia 30 sekalipun. Mengendurnya kulit disertai turunnya pipi berdampak pada terbentuknya kantung mata. Gaya gravitasi pun membuat sudut mulut tampak terkulai sehingga menyebabkan seseorang tampak lebih tua, galak atau sedih."

Hal semua itu bisa diperbaiki dengan yang di sebut prosedur mid-face lift non bedah. Prosedur ini dilakukan  di pusat area wajah antara sudut luar mata hingga sudut bibir bagian atas, tepat di bawah hidung.  Area ini membentuk segitiga imajiner pada wajah yang meliputi lipatan mata, pipi, dan garis nasobial (biasanya disebut garis tawa/senyum yang muncul di kedua sisi mulut). Bagian tersebut yang sudah mengendur atau sagging disuntikan filler pada kulit untuk mengisi volume kantung mata dan pipi agar tampak muda kembali.

Wajah muda banyak terdapat pad fat (lemak wajah) dan hyaluronic acid yang seiring umur bertambah akan menyusut. Ini yang menyebabkan wajah Anda tampak kendur dan akhirnya muncul keriput. "Nah dengan pengisian hyaluronic acid maka kulit akan memuda kembali. Ekspresi wajah pun menjadi lebih ceria meski Anda diam,"saran Dr. Olivia.

Hyaluronic acid merupakan unsur yang ada dalam tubuh manuasia yang biasanya banyak terdapat di dalam pipi dan sendi. Nah, dalam prosedur mid-face lift menggunakan  filler yang mengandung zat ini. Melalui prosedur ini membantu Anda terlihat muda kembali dan tampak bahagia berkat koreksi sudut bibir yang turun sebelumnya. Prosedur ini juga mengurangi keriput di bawa mata dan area bibir. Terisi kembali bagian tersebut membuat wajah terlihat segar dan muda.

"Prosedur ini bisa digabung dengan botox. Biasanya daerah yang penuh keriput disuntikan botox terlebih dahulu hingga ototnya melemas dan ada area yang luas. Ini membantu dokter meraba area yang perlu diisi," Dr. Olivia menjelaskan. Dia pun menambahkan catatan pada penjelasannya bahwa bagi pasien yang lebih muda dan belum memiliki keriput dalam tidak perlu melakukan botox terlebih dahulu.

"Hasilnya dapat bertahan enam bulan kalau lebih usia lebih muda bisa sembilan bulan. Setelah itu mereka akan balik lagi buat isi lagi tapi perlu diingat ketika kembali dosisnya akan berkurang dan waktu buat kembali lagi makin lama. kabar gembiranya hasilnya akan terlihat makin lama makin bagus," ujar Dr. Olivia Ong yang baru saja menghadiri Restylane® Asia pacific Aesthetic Master Class di Hong Kong, tanggal 16 Juni 2012 yang lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com