Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2012, 16:24 WIB

KOMPAS.com - Tak peduli berapa pun umur Anda, jarum suntik bagi sebagian orang akan sangat mengerikan. Apalagi kalau harus membayangkan bakal ditusuk-tusuk di sekitar wajah. Maka, kalau mendengar kata botox atau filler yang pertama kali tersirat bagi sebagian dari kita adalah sakit serta ngeri.

Seperti hal zaman yang selalu berkembang, begitu pun teknologi dunia kecantikan. Berbagai penemuan baru tercipta dan terus dikembangkan atas nama keamanan serta kenyamanan pasien.

Kemajuan tersebut juga termasuk pada jarum yang digunakan buat mengaplikasikan filler atau botox. "Pix'L Cannula, disebut juga jarum tumpul itu temuan baru yang sangat istimewa, sebab memudahkan kerja dokter sekaligus membuat pasien lebih nyaman. Tidak merasakan sakit dan juga tidak lebam setelah perawatan,"ujar Dr. Olivia Ong, Dipl. AAAM, pada acara buka puasa bersama di tempat prakteknya, Hang Lekir 5 No 23, Jakarta, Selasa (24/7), kemarin.

Dalam kesempatan itu Dr. Olivia menerangkan lebih banyak tentang keuntungan jarum tumpul tersebut. Penggunaan jarum tumpul memiliki keunggulan mengurangi rasa sakit sebab, Pix'L micro cannula tidak seperti jarum tajam yang langsung menembus serta menabrak apa saja yang menghalanginya. Jarum tumpul bekerja dengan cara meluncur perlahan ke dalam. Ujung tumpulnya tidak akan melukai pembuluh darah.

"Saat di tusukan jarum tumpul itu jika ia menyentuh pembuluh darah, jarummya tidak akan menembus pembuluh darah tapi membelok mencari jalan lain. Beda dengan jarum tajam sekali masuk ia akan menembus apa saja di bagian bawahnya."  Panjang lebar Dr. Olivia menjelaskan akibat tidak ada pembuluh darah yang luka pasien akan merasakan hampir tidak ada nyeri atau pembengkakan.

"Jarum ini sangat istimewa karena dibuat di perbatasan Perancis, buatan tangan oleh para pengrajin jam tangan mewah Rolex. "Jarum dibuat satu-satu dengan sangat teliti,"terang Dr. Olivia yang merasa pekerjaan juga sangat terbantu oleh inovasi ini.

"Jarumnya juga fleksibel di dalam kulit, mampu menjangkau area yang lebih luas untuk mengisi filler. Saat pengerjaannya pun tak perlu suntikan di banyak titik wajah. Misalnya buat filler daerah mata hanya perlu dua titik saja sudah mencakup banyak area yang butuh pengisian." Tanpa trauma yang terjadi pada jaringan pembuluh darah, tanpa bengkak dengan inovasi ini memungkinkan Anda bisa langsung beraktivitas seperti biasa.

"Pasien saya yang sudah senior dan rutin mengisi filler banyak yang merasa happy. Sebab mereka biasa pakai jarum tajam yang lebih sakit dan mengalami lebam setelahnya."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com