Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2012, 17:33 WIB

KOMPAS.com - Secara psikologis, pemilihan pakaian dalam yang tepat bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Syaratnya, saat memilih pakaian dalam tidak sekadar mengandalkan motif, model, atau warnanya saja.

"Saat memilih pakaian dalam, khususnya bra, pastikan pakaian dalam itu punya ukuran yang tepat untuk Anda," tukas Lucia Niken, Marketing National Manager Felancy, saat talkshow "Inspirasi Kenyamanan Wanita" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Saat memilih pakaian dalam, terutama bra, ukuran menjadi syarat utama penentu kenyamanan Anda. Namun, Lucia mengungkapkan sampai saat ini masih banyak perempuan yang meremehkan ukuran bra ini dan lebih cenderung tertarik pada motif dan warna. "Banyak perempuan yang rela membeli bra yang kekecilan atau kebesaran, asalkan warna dan motifnya sesuai dengan yang mereka sukai," tambahnya.

Selain bergantung pada motif dan warna favorit, perempuan memilih bra dengan ukuran yang satu nomor lebih kecil atau lebih besar dibanding ukurannya dengan berbagai alasan. Membeli bra yang sedikit lebih kecil diharapkan bisa membantu membentuk payudara agar lebih terlihat naik, sehingga lebih seksi. Padahal alasan ini jelas terbukti salah, karena menggunakan bra yang lebih kecil daripada seharusnya akan membuat payudara terasa sakit dan membuat Anda sesak nafas.

Sedangkan perempuan yang lebih suka menggunakan bra dengan ukuran yang sedikit lebih besar berharap mereka lebih leluasa bergerak dan bisa digunakan lebih lama. Padahal, bra yang lebih longgar juga tidak akan membuat Anda nyaman bergerak dan justru membuat payudara Anda menjadi turun dan nyeri.

Selain itu, sekalipun masih cukup digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama, namun Lucia mengungkapkan "usia" bra maksimal adalah satu tahun. "Setelah satu tahun, biasanya bra sudah longgar, sobek, dan tidak maksimal menyangga payudara," jelasnya.

Saat memilih bra, pastikan juga memilih jenis bra yang tepat, khususnya jika Anda memiliki ukuran payudara yang cukup besar. Payudara yang cukup besar akan memberi beban dan tekanan pada tulang belakang. Inilah yang membuat perempuan berdada besar biasanya memiliki tubuh yang sedikit bungkuk. Untuk mengurangi sedikit beban tulang punggung, dan menyangga payudara dengan baik, sebaiknya pilihlah jenis bra yang menggunakan kawat.

Penggunaan bra berkawat untuk si dada besar akan membantu mengurangi beban tulang punggung, dan mengangkat payudara dengan maksimal, sehingga tubuh bisa lebih tegap. Meski terasa kurang nyaman dan lebih kaku, namun bra berkawat ini juga dianggap bisa mengurangi rasa sakit pada punggung akibat beban bagian tubuh depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com