Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2012, 13:16 WIB

T:
Lebih menguntungkan manakah, menyimpan uang dalam tabungan atau dalam bentuk emas? Mengapa? (Pambudi, 35)

J:
Pemilihan produk keuangan harus disesuaikan dengan rencana keuangan kita. Untuk tujuan apa uang ini nantinya, kapan akan dipakai, dan berapa target hasil investasi yang kita harapkan dari investasi tersebut. Berikut adalah fakta-fakta menarik tentang tabungan dan emas.

Tabungan
* Anda bisa mulai menggunakan tabungan dari nominal Rp 15.000 (produk Tabunganku yang tersedia di berbagai bank umum). Penambahan  dana juga umumnya tidak dibatasi.
* Mudah dicairkan kapan saja, terutama jika Anda memiliki kartu ATM.
* Modal awal investasi umumnya tidak akan berkurang.
* Investasi non-fisik, Anda tidak memegang langsung uangnya, melainkan mendapatkan bukti berupa buku tabungan atau rekening koran.
* Ada resiko jika bank terlikuidasi, maka jumlah dana simpanan Anda yang aman hanyalah sesuai jumlah dan suku bunga yang dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjaminan Simpanan.
* Selama kurun waktu tahun 2000-2010, total hasil tabungan adalah 78 persen.

Emas
* Anda bisa membeli emas dalam bentuk perhiasan atau logam mulia. Apabila membeli dalam bentuk logam mulia, bisa dimulai dengan satuan 1 gram hingga 1 kilogram. Dengan asumsi harga emas adalah Rp 500.000/gram, maka Anda butuh modal minimal Rp 500.000 untuk mulai berinvestasi di emas.
* Emas, apalagi logam mulia tergolong cukup likuid. Namun, tentu saja terbatas pada hari operasinya toko emas.
* Emas adalah investasi fisik. Sehingga ada resiko kehilangan berupa kecurian. Akan tetapi, Anda juga bisa merasa nyaman karena emas Anda dipegang oleh Anda sendiri.
* Emas punya resiko modal awal investasi berkurang. Bila kita runut lagi ke belakang, harga emas terus menurun sejak mencapai level tertingginya di 1920 dollar AS pada September tahun lalu. Harga emas dalam minggu ini (23-27 Juli 2012) masih bergerak dalam kisaran 1530-1640 dollar AS per troy ons.
* Selama kurun waktu tahun 2000-2010, total hasil emas adalah 422 persen.

Di ZAP Finance, kami biasa menggunakan tabungan untuk keperluan operasional dan dana darurat. Sedangkan emas, digunakan untuk rencana keuangan dengan jangka waktu antara 3-8 tahun. Mana yang lebih menguntungkan? Sesuaikan dengan rencana keuangan Anda.

Let’s live a beautiful life,
Prita Ghozie

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com