Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2012, 16:41 WIB

KOMPAS.com -  Kalau dahulu Anda sering sekali mendengar jargon "Think before you speak" karena setiap perkataan Anda bisa menjadi bumerang, saat ini berpegang pada hal itu saja tak cukup. Di era media sosial yang menjangkiti kita semua,  Anda perlu memikirkan sebuah slogan baru dan juga mencamkannya setiap saat "Think before you tweet."

Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya saat ini telah menjadi alat branding yang efektif. Tak hanya perusahaan, lembaga juga menggunakan media sosial untuk mengampanyekan ide-ide mereka. Jadikan hal ini juga senjata Anda dalam bermedia sosial. Mengapa demikian? Suka atau tidak, mereka merupakan representasi Anda di publik.

Belakangan ini, perusahaan pun menggunakan sosial media untuk mengevaluasi para pelamar pekerjaan. Meski hal ini belum jelas atau pasti sebagai faktor penentu diterima atau tidaknya Anda. Akan tetapi Anda bisa menggunakan kekuatan media sosial sebagai alat branding diri Anda.

Ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengelola situs media sosial Anda lebih cerdas:

• Hati- hati dalam mem-posting sesuatu
Jangan posting apapun yang Anda tidak ingin calon perusahaan Anda melihatnya. Saat meng-update status atau mem-posting sesuatu, Anda bisa mencontoh Laura Gonzalez, mahasiswa dari Wake Forest University, AS. Ia aktif berkampanye kepada para remaja di AS tentang penggunaan media sosial. Menurutnya, "Menggunakan media sosial adalah salah satu cara untuk menunjukkan siapa Anda serta minat Anda. Tapi saya selalu bertanya pada diri sendiri sebelum mem-posting sesuatu: Apa yang akan dipikirkan perusahaan yang akan memperkerjakan saya tentang ini?"

• Gunakan pilihan privasi Anda
Pengaturan privasi dapat Anda atur, terutama di Facebook. Jika Anda ditandai dalam foto teman, orang-orang di kedua jaringan Anda dapat melihat gambar tersebut. Instagram lebih luas lagi, dapat dilihat oleh lebih banyak orang. Maka, mulailah mengatur privasi Anda, siapa yang bisa melihat foto Anda, terutama foto yang di-upload kawan Anda.

• Jadilah diri sendiri
Apapun yang Anda posting, essay, blog, status, opini harus menampilkan Anda yang sebenarnya. Sebab, siapa pun yang me-googling Anda ingin mendapat sedikit gambaran tentang diri Anda sebelum memutuskan memanggil Anda untuk proses interview.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com