Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan "Game": Windows 8 adalah Bencana

Kompas.com - 01/08/2012, 09:57 WIB

KOMPAS.com — Bagi beberapa pemain besar di pasar video game, kehadiran platform terbaru Microsoft, Windows 8, merupakan ancaman terhadap bisnis mereka.

Hal ini diungkapkan oleh Gabe Newell, co-founder dari perusahaan game terkemuka Valve, kreator dari game legendaris Half Life dan Left 4 Dead.

"Menurut saya, Windows 8 merupakan bencana bagi semua pengguna PC," ujar Gabe Newell, seperti dikutip dari AllThingsD.

Pernyataan mengenai ancaman Windows 8 dikemukakannya saat berbicara dengan konsultan Ouya yang juga mantan VP game publishing Microsoft, Ed Fries, pada pameran game Casual Connect di Seattle, AS.

Menurut Gabe, sifat Windows 8 yang tertutup akan mematikan sebagian besar pasar penjualan game melalui konten digital (download). Fakta ini merunut pada fitur Windows Store yang berguna untuk memusatkan semua kegiatan pembelian software di Windows 8.

Beragam toko online yang biasanya bebas bersaing saat ini di internet akan kehilangan kesempatan untuk menghasilkan keuntungan.

Setiap perusahaan software yang ingin menjual kontennya dalam Windows Store harus memberikan keuntungan penjualannya ke Microsoft sebesar 30 persen.

"Ada rayuan yang begitu besar untuk menutup platform ini dari akses kompetitor, dan mengambil semua keuntungannya," ujar Gabe dengan tajam.

Ia juga menambahkan hilangnya keterbukaan bersaing tersebut akan menghilangkan beragam perusahaan dari Windows 8, seperti Google dan Zynga.

Itu pula sebabnya Valve mulai merambah ke ranah open source dan mengeluarkan game-nya untuk gamer Linux.

Toko online Steam milik Valve direncanakan Gabe akan terus hidup di platform open source ketika Windows 8 mulai menutup aksesnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com