Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2012, 09:38 WIB

KOMPAS.com - Orangtua bisa melatih kemandirian pada batita, termasuk dari kebiasaan mengenakan sepatu atau sandal, dan kaus kaki sendiri. Menurut psikolog, Anastasia Widya Paramita, SPsi sejak si kecil berusia 18-24 bulan, ia sudah bisa mengembangkan kemampuan untuk berpakaian sendiri. Anda hanya perlu memberi contoh dan mengajarkan anak melakukan kegiatan-kegiatan secara mandiri, termasuk memakai dan melepas sepatu dan kaus kaki.

Memakai dan melepas sepatu berperekat
Sepatu berperekat adalah jenis yang paling mudah dan cocok untuk anak batita. Mereka dapat memakai dan melepasnya dengan cukup mudah. Saat memakai sepatu, ajari anak memasukkan kakinya ke dalam sepatu sambil menahan bagian tumit sepatu dengan jari telunjuk. Ajari anak memasukkan salah satu jari telunjuk tangan ke bagian belakang sepatu sehingga ia dapat memasukkan kaki ke dalam sepatu. Kemudian, ajarkan cara menempelkan perekat sepatu. Setidaknya saat berusia 2-3 tahun, anak dapat memakai sepatu berperekat sendiri.

Untuk melepas, ajari anak menarik perekat dari sepatu, lalu menahan ujung depan depan sepatu sambil menarik kaki keluar dari sepatu. Anak sepatu 2-3 tahun biasanya dapat melakukannya dengan cukup terampil, karena kegiatan ini banyak menggunakan aktivitas jari telunjuk dan jempol yang sudah mereka kuasai dengan cukup mantap.

Memakai dan melepas kaus kaki

Mulai usia dua tahun si kecil dapat diajarkan memakai kaus kaki. Tempatkan kaus kaki di ujung jari kaki, lalu minta anak menariknya sampai ke tumit. Ajari anak menemukan bagian tumit kaus kaki dan menempatkannya di tumit anak. Minta ia mengenali bagian tersebut dari bentuknya yang menyiku. Selanjutnya, ia dapat menarik bagian atas kaus kaki. Untuk melepasnya, minta anak menurunkan ketinggian kaus kaki hingga di bawah mata kaki. Kemudian, ajari anak menarik bagian belakang kaus agar dapat melewati tumit. Setelah itu, ajari anak menarik kaus kaki dari ujung jari agar terlepas.

(Tabloid Nakita/Amanda Setiorini)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com