Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diablo III "Melukai" Saudaranya Sendiri

Kompas.com - 04/08/2012, 11:16 WIB

KOMPAS.com – Begitu besarnya kesuksesan yang direguk game Diablo III langsung terpancar dalam laporan keuangan kreatornya, Activision Blizzard.

Perusahaan game terkemuka tersebut berhasil mendapatkan keuntungan sebesar 1,08 miliar AS (sekitar Rp 10,21 triliun) pada kuartal kedua 2012 (April hingga Juni 2012).

Namun, keberhasilan Diablo III ternyata mencelakakan saudaranya sendiri, game online World of Warcraft (WoW).

Menurut laporan keuangan tersebut, pemain WoW berkurang dengan angka yang cukup besar. Sebanyak lebih dari 1 juta pemain meninggalkan WoW pada tiga bulan terakhir. Jadi, jumlah pemain WoW kini menjadi 9,1 juta setelah sebelumnya mencapai 10,5 juta pemain.

Menurut pimpinan Blizzard Mike Morhaime fenomena tersebut biasa terjadi ketika WoW mengeluarkan konten baru (WoW baru saja mengeluarkan konten expansion Mist of Pandaria). Selain itu, ia mengakui Diablo III juga menjadi penyebabnya.

Menurut Morhaime, Diablo III menjadi pelarian untuk pemain WoW ketika mereka ingin beristirahat dari game online tersebut.

Apalagi jumlah pemain Diablo III yang begitu besar tidak dapat disangkal lagi pasti berasal dari penggemar game milik Blizzard.

Itulah sebabnya Morhaime menghadapinya dengan tenang serta yakin WoW dan Diablo III pasti akan tetap dimainkan gamer di dunia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com