Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2012, 11:29 WIB

KOMPAS.com - Semua orang menikmati menjauh sekali-sekali dari rutinitas sehari-hari dan pekerjaan. Liburan terbukti secara fisik dan mental menghilangkan stres di rumah dan di tempat kerja.

Hal ini juga berlaku pada hubungan romantis Anda.Liburan bersama pasangan adalah terapi untuk hubungan secara keseluruhan, dan bahkan dapat menyelamatkan pernikahan.

1. Anda perlu bicara

Seringkali, pasangan yang telah bersama-sama dalam waktu yang lama mulai menjalani kehidupan yang stagnan. Jadwal sibuk hingga ritual diam seperti menonton televisi dapat menjauhkan keintiman.

Bagi pasangan, berlibur bersama bersama adalah kesempatan untuk berbicara. Selama ini mungkin Anda tetap berkomunikasi tapi sebatas hal-hal yang menyangkut aktifitas sehari-hari seperti jadwal mengantar si kecil ke dokter, mengantar sekolah, tagihan yang harus dibayar dan seterusnya. Nah, saat berlibur Anda dan dia bisa membicarakan tentang kalian berdua, seperti layaknya saat berpacaran. Tentang mimpi kalian hingga mengenang momen-momen indah bersama.

2. Anda perlu sentuhan mesra.
Tidak peduli seberapa keras tekad Anda berdua untuk menyediakan waktu berduaan, selalu saja ada interupsi. Kelelahan karena macet, atau bekerja lembur, si kecil bangun dan merengek macam-macam. Meluangkan waktu untuk keintiman fisik sangat penting untuk hubungan yang sehat dan kuat.

Orang perlu merasa dicintai, menarik dan diinginkan oleh pasangan mereka. Hal ini meningkatkan suasana hati secara keseluruhan. Entah itu berakhir pekan atau liburan lebih panjang, pasangan dapat memiliki waktu romantis selama perjalanan mereka, tanpa gangguan atau intervensi. Ini kesempatan untuk jatuh cinta lagi.

3. Sebuah ajang konseling
Ikatan kuat dalam sebuah pernikahan perlu dipupuk. Nah, liburan juga penting untuk dua orang yang sedang dalam hubungan Bermasalah.

Pasangan sering merasa sulit untuk keluar dari masalah karena mereka berada dalam lingkungan yang sama dengan masalah yang juga sama. Waktu sempit mengganggu kemungkinan menemukan resolusi yang sukses. Mungkin Anda pun merasa selama ini sangat sulit menjadwalkan waktu untuk berbicara dengan pasangan secara terbuka, setelah hari yang panjang di tempat kerja atau di antara waktu berangkat sekolah dan cerita sebelum tidur.

Liburan, bagaimanapun, memberikan waktu Anda hanya berfokus pada hubungan. Lepas dari stres atau tanggung jawab rumah. 

Nah, sebagai penutup, liburan seperti apa yang paling baik bagi Anda? Tentu hak Anda untuk memutuskan kemana dan berapa lama Anda harus berlibur, sesuai dengan selera dan kondisi keuangan. Yang paling penting: Berliburlah dengan pasangan sesering mungkin.

Liburan panjang dan mewah di luar negeri memang menyenangkan, tetapi jika itu membuat Anda hanya bisa melakukannya sekali setahun, ada baiknya budget itu dibagi menjadi tiga atau empat kali liburan di dalam negeri. Karena kunci keberhasilan dari cara ini adalah bukan tentang mengeluarkan uang banyak, tetapi tentang Anda berdua untuk fokus pada cinta, hadiah kehidupan paling berharga yang pernah Anda dapatkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com