Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artika Sari Devi: Menanamkan Pola Hidup Sehat Pada Anak Sejak Dini

Kompas.com - 12/08/2012, 20:43 WIB

KOMPAS.com -  Artika Sari Devi Putri Indonesia 2004, Setelah aktif dalam kampanye Aqua menyerukan "Saya Mau, Saya Siap!" terhadap gaya hidup sehat, kali ini ia kembali ikut mengampanyekan hidup sehat dalam kampanye terbaru "Semua Berawal dari Kita".

"Sehat itu penting, sudah memulainya lewat keluarga sendiri, selain meyiapkan makanan sehat saya juga membekali air minum" ujar Artika dalam acara kampanye Danone Aqua Semua Berawal Dari Kita di Kafe Pisa Mahakam, Jakarta Selatan, pada hari Jumat (10/8/2012) lalu.

Ungkapan bahwa anak adalah kanvas putih yang siap dilukis. Sebagai orang tua kita punya peranan dalam memberikan arah pada hasil akhir nantinya. Sadar akan hal tersebut Artika pun membiasakan semua perilaku sehatnya dalam keluarganya, terutama anaknya.

"Biasanya orang tua akan selalu mengingatkan anak, sudah makan belum. Kalau saya tambahkan sudah minum belum. Minumnya cukup tidak," ujar Artika yang tak lupa membekali anak dengan air minum.

Sebagai ibu yang memiliki seorang anak, selain menyiapkan makanan di rumah dan membiasakan makan sehat pada anak dan keluarganya, Ia juga tak ketinggalan menganjurkan untuk mengelola stres, mencukupi kebutuhan air minum, hingga menghargai lingkungan.

Namun, hidup sehat harus didukung oleh lingkungan yang sehat pula. Sadar akan hal tersebut Artika pun menanamkan nilai cinta lingkungan sedini mungkin. "Cara yang paling mudah yaitu memilah sampah organik-anorganik,  untuk selalu membuang sampah pada tempatnya,” kata Artika Sari Devi.

Ajaran baik orang tuanya pun dilestarikan pada keluarga kecilnya kini, "Anak saya sudah bisa membedakan sampah organik dan anorganik. Dia tahu tempat membuangnya sebab di rumah memang saya sediakan dua tempat sampah."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com