Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2012, 16:17 WIB

KOMPAS.com - Beberapa produk kosmetik seperti blush-on, lipstik, atau shimmer, biasanya menggunakan kuas untuk memudahkan Anda mengaplikasikannya di wajah. Namun kuas-kuas ini perlu dijaga kebersihannya, agar tak menimbulkan beragam gangguan pada kulit seperti jerawat atau alergi.

Biasanya, kuas-kuas ini hanya dibersihkan dengan mencucinya di bawah air mengalir, dibilas dengan air hangat, atau sekadar dibersihkan dengan tisu saja. Cara ini terbilang tak maksimal untuk membersihkan sisa make-up, karena masih ada bakteri atau kotoran yang menempel di kuas.

Untuk membersihkan kuas make-up, gunakan cara ini:
1. Siapkan minyak zaitun, kuas make-up yang akan dibersihkan, dan selembar kain lap bersih. Kemudian tuangkan satu sendok teh minyak zaitun ke kain. Kemudian celupkan kuas make-up ke dalam minyak zaitun. Oleskan kuas ini di atas kain lap berminyak tadi. Dengan ini, sisa-sisa make-up yang menempel di sela-sela bulu kuas akan keluar semua dan menempel di kain.

Hindari mencelupkan kuas terlalu dalam sampai ke bagian pangkalnya. Celup kuas hanya di bagian ujungnya saja. Pencelupan yang terlalu dalam akan membuat kuas Anda berminyak dan tidak enak dipakai lagi.

2. Langkah selanjutnya, campurkan satu sendok teh sabun cair castille (sabun zaitun) dengan air hangat. Kemudian celupkan bagian ujung sampai tengah kuas, dan gosok dengan jari-jari Anda. Hindari mencelup semua bagian rambut kuas. Peras semua air sabun ini dari kuas, dan ulangi lagi sampai semua sisa make-up ini keluar dari kuas.

3. Terakhir, untuk menghilangkan semua minyak dari kuas Anda, celupkan ujung kuas ke dalam air cuka. Peras dan bilas dengan air panas. Keringkan kuas di atas tisu dan di tempat yang teduh. Setelah kering, kuas siap digunakan lagi selama beberapa bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com