Senin, 22 Desember 2014
Potongan Rambut Agar Terlihat Langsing
Sabtu, 25 Agustus 2012 | 11:50 WIB
|
Share:
shutterstock

Potongan rambut yang tepat bisa membantu membuat Anda terlihat lebih langsing

KOMPAS.com - Untuk menjadi ramping, olahraga rutin dan diet yang tepat menjadi solusinya. Namun bila tak memiliki cukup waktu untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa memanipulasi penampilan dengan memilih potongan rambut yang menyamarkan berat badan Anda sesungguhnya.

1. Sesuaikan dengan bentuk muka
Saat mencari potongan rambut yang bisa menimbulkan kesan langsing, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah mengenali bentuk wajah Anda. Jika wajah Anda bulat, sebaiknya pilih model rambut yang panjang. Sebenarnya untuk semua bentuk muka, baik bulat, persegi, atau hati, yang harus diperhatikan adalah membuat wajah terlihat oval. Bentuk wajah oval yang sempurna ini bisa diperhitungkan dengan rumus panjang muka satu setengah kali lebar dengan garis rahang yang sedikit lebih sempit dari dahi.

2. Layering
Erick Von Spindler, hair stylist dari Lukaro Salon di Beverly Hills, mengungkapkan bahwa pemangkasan rambut yang tepat bisa membantu menipu mata dan pikiran, sehingga membuat wajah Anda terlihat lebih langsing. Salah satu trik yang bisa dilakukan adalah dengan membuat layering pada rambut.  "Gaya rambut yang harus dihindari adalah rambut pendek dan bob," tukasnya

Penyataan ini diperkuat oleh Shellye Bolton dari Arizona Spa Du Soleil di Scottsdale. "Saya tidak akan memotong rambut terlalu pendek.Tambahan beberapa layer dan garis rambut yang lembut di sekitar wajah bisa membantu menyamarkan area pipi dan dagu yang besar," jelasnya.

Ia menyarankan, posisi rambut yang ideal untuk membuat ilusi melangsingkan ini seharusnya memiliki panjang di bawah telinga dan di atas bahu. Kelebaran rambut juga perlu disesuaikan dengan panjang rambut agar simetris dengan wajah.

3. Poni
Kedua penata rambut ini menyarankan perempuan yang berwajah bulat untuk menghindari poni yang berpotongan lurus di dahi. Hal ini akan membuat poni Anda sebagai titik perhatian di wajah, sehingga terlihat lebih besar. "Namun, Anda tak perlu menghindari penggunaan poni. Asalkan sesuai dengan bentuk wajah, maka poni akan mempercantik penampilan," saran Erin Fink, hair stylist dari Sachi Salon, Arizona.

4. Pilih warna yang tepat
Selain potongan rambut yang tepat, Von Spindler dan Bolton menyarankan untuk memberi warna pada rambut Anda. "Warna yang kontras dengan warna kulit jadi pilihan yang baik karena bisa menciptakan shading, dan bayangan pelangsing," kata Bolton. Sementara itu, Von Spindler juga mengungkapkan, pemilihan warna yang sedikit gelap seperti coklat akan membantu menambahkan kedalaman dan dimensi rambut yang lebih tebal.

5. Make-up rambut yang tepat
Pertimbangan lain untuk membuat wajah terlihat lebih kurus adalah penggunaan sampo, kondisioner, dan produk tatanan rambut yang sesuai. "Produk-produk ini sangat berhubungan dengan tampilan rambut Anda. Misalnya, blow dry akan membuat rambut terlihat lebih mengembang dan indah sepanjang hari," jelas Spindler.

Spray, gel, dan krim rambut yang sesuai dengan jenis rambut akan menjaga bentuk rambut Anda dalam keadaan yang paling bagus. Semua produk ini akan membantu meningkatkan volume rambut, dan merapikan setiap rambut liar yang sering mengganggu. Jangan lupa untuk selalu membawa jepit atau aksesori rambut lainnya. Aksesori mungkin saja berguna untuk menyelamatkan tatanan rambut, dan mempercantik penampilan Anda.


Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Dini
BERITA LAIN: