Jumat, 22 Mei 2015

Female

TAG

    Makanan Pereda Nyeri Haid

    Minggu, 26 Agustus 2012 | 10:48 WIB

    KOMPAS.com - Menstruasi adalah siklus bulanan perempuan yang kerap kali timbul gejala yang kurang nyaman. Gejalanya bisa berbeda-beda, misalnya sakit perut, atau mudah emosi. Ternyata berbagai masalah yang dialami saat menstruasi tersebut bisa diatasi dengan menyantap makanan yang tepat.

    "Makanan bisa membantu mengatasi serangan sakit perut, pegal, kekurangan darah, sampai dehidrasi," ungkap Nutrisionis, Dr. Rachna Sethi. Berikut beberapa makanan yang wajib dikonsumsi serta harus dihindari saat menstruasi tanpa mengganggu program diet yang dijalankan.

    Makanan wajib konsumsi:

    1. Kalsium
    Usahakan untuk menyantap paling tidak satu makanan yang mengandung kalsium dalam daftar makanan diet Anda setiap harinya. Segelas susu kedelai nampaknya bisa jadi pilihan yang paling baik sebagai sumber kalsium. Perempuan yang kurang konsumsinya cenderung mengalami nyeri saat datang bulan.

    2. Karbohidrat kompleks

    Saat menstruasi energi akan mudah hilang. Untuk menyiasatinya, santap saja karbohidrat kompleks misalnya gandum utuh atau beras merah. Kandungan seratnya akan membuat tubuh jadi tak mudah lapar. Selain itu, sumber karbohidrat kompleks ini juga akan membantu mencegah tubuh kehilangan air terlalu banyak yang sering terjadi pada saat datang bulan.

    3. Air

    Anda kehilangan banyak air saat sedang menstruasi. "Sebenarnya,minum banyak air tidak menambah cadangan air dalam tubuh. Hanya saja ini solusi terbaik agar tubuh tidak dehidrasi," Dr. Rachna Sethi.

    4. Mineral

    Air jeruk manis dan nanas juga bisa jadi pilihan karena mengandung banyak mineral di dalamnya. Potasium akan membantu tubuh meningkatkan cadangan air, sedangkan magnesium akan meningkatkan suasana hati. Sumber magnesium yang baik antara lain buncis dan kacang-kacangan.

    5. Protein

    Protein akan memberi banyak energi yang dibutuhkan selama menstruasi. Minumlah segelas susu dan ayam karena banyak mengandung protein yang tinggi.

    6. Vitamin B6

    Vitamin ini berfungsi untuk menekan tingkat depresi. "Makan pisang dan havermut saat sarapan adalah langkah yang baik untuk memulai hari Anda," sarannya.

    7. Zat besi
    Ini merupakan zat yang sangat penting, karena saat menstruasi Anda akan kehilangan banyak darah sekitar 3-7 hari. "Santap saja kurma, buncis namun tidak perlu dimasak macam-macam agar kandungan zat besinya tidak hilang," tukasnya.

    Makanan yang harus dihindari:
    1. Kafein
    Kafein bisa meningkatkan level estrogen dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan serangan atau nyeri selama PMS. "Mengurangi asupan kafein dalam kopi, teh, minuman bersoda atau cokelat bisa membantu memperbaiki suasana hati Anda," katanya.

    2. Alkohol

    Segala bentuk alkohol bisa meningkatkan depresi selama masa menstruasi.

    3. Gula
    Sering merasa sangat malas beraktivitas saat sedang datang bulan? Jika iya, mungkin Anda terlalu banyak atau terlalu sedikit mengonsumsi gula sebelumnya. Peningkatan atau penurunan kadar gula yang terlalu drastis dalam tubuh akan membuat Anda merasa malas, lesu, dan memicu perubahan suasana hati yang tak karuan. Hindari menyantap makanan tinggi gula seperti cake, pastri atau minuman bersoda.

    4. Garam
    Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Karena garam bisa membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Sebaiknya Anda menghindari aneka makanan cepat saji dan juga aneka makanan tinggi garam lainnya. "Bayam bisa membantu mengindari kekurangan cairan tubuh,"pungkasnya.

     

    Editor : Hesti Pratiwi
    Sumber: