Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2012, 08:43 WIB

KOMPAS.com - Berprofesi sebagai artis, ternyata tak membuat Diandra Paramitha Sastrowardoyo atau Dian Sastro melupakan tugasnya sebagai ibu satu putra. Dian mengungkapkan bahwa ia tak ragu untuk merawat dan melakukan sendiri semua kebutuhan untuk Syailendra Naryama Sutowo, putranya.

"Sekalipun memiliki baby sitter, namun saya tetap melakukan semua hal yang penting sendiri, sehingga baby sitter hanya untuk membantu menyiapkan semua peralatannya saja," tukas Dian, dalam workshop "Baby Spa" di Graha Unilever, Jakarta Selatan, Senin (27/8/2012) lalu.

Dian mengaku bahwa pekerjaannya sekarang ini lebih fleksibel sehingga memungkinkannya untuk berkonsentrasi mengurus buah hatinya. Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan Dian adalah memandikan anaknya. "Setiap pagi, saya selalu menyempatkan diri untuk baby spa setiap kali mandi pagi," jelasnya. Ritual baby spa ini dilakukan untuk membuat bayinya menjadi lebih tenang dan rileks.

Baby spa dilakukan dengan memberikan pijatan ringan pada bagian tubuh bayi sehingga ia merasa lebih rileks. Menurut Dian, si kecil sangat suka mandi dengan air hangat dan berada dalam kondisi lingkungan yang hangat. Tak jarang, untuk membuat anaknya lebih santai saat spa ia harus menyediakan air yang hangat, mematikan AC ruangan, sampai menutup semua jendela.

"Lingkungan yang hangat akan membuat dia merasa nyaman. Sekalipun saya sampai harus berkeringat karena kepanasan, namun tidak masalah agar Syailendra nyaman," tukasnya.

Proses ini dilakukannya selama 15-20 menit saja. Ketika melakukan baby spa, tak lupa ia juga memasang lagu-lagu zen (lagu meditasi). "Lagu ini untuk membantu si anak agar bisa lebih santai dan menikmati pijatan," katanya.

Proses baby spa ini disadari Dian sangat berguna untuk meningkatkan bonding dan ikatan emosional antara ibu dan anak. Selain itu, pijatan yang dilakukan oleh sang ibu dianggap bisa memberikan rasa nyaman pada bayi dan juga menimbulkan perasaan disayang.

Akan lebih baik jika ritual ini dilakukan oleh ayah dan ibu terhadap anaknya. Namun, Dian mengakui sampai sekarang sang suami masih sulit diajak melakukan hal ini karena kesibukannya. Maka momen Lebaran kemarin menjadi sebuah momen dimana sang suami wajib membantu Dian untuk melakukan baby spa selama sang baby sitter mudik Lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com