Kamis, 27 November 2014
Ajarkan Si Kecil Memakai dan Melepas Celana
Kamis, 30 Agustus 2012 | 07:47 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Ajarkan balita pakai celana secara mandiri.

KOMPAS.com - Latih kemandirian batita dan balita melalui pekerjaan sederhana, seperti memakai atau melepas celana setiap kali berpakaian termasuk ketika akan bersiap-siap pergi ke suatu acara. Psikolog Anastasia Widya Paramita, SPsi memberikan sejumlah kiat yang bisa dilakukan para orangtua untuk membantu si kecil memakai dan melepas celana, agar lebih mandiri.                               

Memakai Celana

* Celana Karet
Anak dua tahun dapat menggunakan kekuatan motoriknya kasarnya dengan cukup baik, sehingga gerakan menarik celana dari bawah ke atas dapat dilakukan dengan mudah. Hanya saja, si kecil masih membutuhkan bantuan untuk dapat memasukkan kedua kakinya ke dalam lubang celana. Biasanya hal ini dilakukan dengan duduk di lantai untuk mengurangi kemungkinan terguling saat ia mengangkat kaki sambil memegang celana. Diharapkan pada usia tiga, si kecil mampu memakai celana karetnya sendiri.

* Celana Berkancing
Mengajari batita memakai celana berkancing sukup sulit, namun bukan berarti tak dapat diajarkan secara perlahan, karena gerakan motorik halus dan kasar batita sudah cukup mantap. Hanya saja, si batita masih perlu dibantu untuk menggungakan kekuatan motorik halusnya sehingga dapat memasukkkan kancing ke dalam lubang celana. Biasanya, bahan untuk celana tidak selentur bahan untuk baju, sehingga anak membutuhkan usaha lebih keras untuk mempertahankan lubang kancing tetap terbuka sementara ia mendorong masuk kancingnya. Setidaknya ketika anak berusia empat tahun sudah dapat mememakai celana kancing sendiri.

* Celana Beresleting
Sejak usia dua, anak mampu menutup resleting secara mandiri. Pada awalnya ibu dan ayah  perlu membantu menahan bagian bawah resleting sementara si kecil menarik ke atas. Tahap selanjutnya ajari ia memegang sendiri bagian bawah resleting letika menarik ke atas. Sebelum melepasnya memakai celana beresleting sendiri, jangan lupa mengajari anak laki-laki untuk memastikan alat kelaminnya cukup jauh dari resleting. Pada usia tiga, anak dapat memakai celana sendiri.

* Celana Pendek
Setelah diajarkan untuk mengenali posisi lubang celana, umumnya di usia dua tahun anak dapat menarik celana dari bawah ke atas secara mudah. Selanjutnya, celana pendek cukup mudah dipakai secara mandiri untuk anak-anak usia 3-4 tahun.

* Celana Panjang
Batita masih membutuhkan bantuan untuk menarik celana panjangnya dari bawah ke atas, karena membutuhkan kordinasi kekuatan motorik kasar serta kelincahan motorik halus untuk dapat memegang dan menarik dengan jari-jarinya. Setelah dapat memasukkan kaki ke dalam lubang celana (biasanya dilakukan sambil duduk), ajari anak untuk menarik ujung bawah masing-masing celana sehingga kaki bagian bawah terlihat. Selanjutnya, berdiri dan menarik bagian atas celana menuju pinggang. Setidaknya ketika berusia 3-4 tahun, si kecil dapat memakai celana panjang sendiri,

Membuka Celana
* Celana Karet
Anak dua tahun dapat menggunakan kekuatan motoriknya kasarnya dengan cukup baik sehingga ia dapat dibiasakan untuk mendorong celananya dari pinggang ke bawah secara mandiri.

* Celana Berkancing
Sama halnya seperti melepas baju berkancing, anak masih kesulitan untuk mengkordinasikan gerakan memegang, mendorong sekaligus menarik lubang kancing secara bersamaan. Ajari anak untuk melewati bagian bawah lubang kancing, sehingga dengan demikian kancing mudah lepas.

* Celana Beresleting
Membuka resleting jauh lebih mudah daripada menutupnya, ajari si kecil menahan bagian atas resleting sementara menarik mata resleting ke bawah. Selanjutnya, ajari anak mendorong celana dari pinggang ke bawah dan melepaskan kaki dari lubang celana.

* Celana Pendek
Membuka celana pendek sama dengan membuka celana yang lainnya, yang penting mengajari anak untuk mendorong celana dari pinggang ke bawah dan melepaskan kaki dari lubang celana.

* Celana Panjang
Sama dengan celana pendek, namun anak perlu lebih sabar untuk mengeluarkan kakinya dari lubang celana karena biasanya celana akan tergulung di bagian bawah dan akan sedikit menyulitkan anak. untuk itu, proses melepas celana panjang dapat dilakukan  dalam keadaan duduk, setelah anak mampu menurunkan bagian atas celana dari pinggang ke atas lutut. Umumnya, di usia 2-3 tahun, anak dapat dibiasakan membuka celana panjangnya secara mandiri.

(Tabloid Nakita/Amanda Setiorini)

 


Editor :
wawa
BERITA LAIN: