Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2012, 22:41 WIB

KOMPAS.com - Apa yang bisa membuat Anda lebih bahagia dan bisa membantu memperpanjang usia? Mungkin ini berita gembira untuk para perempuan, khususnya Anda yang suka berbelanja. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dari National Health Research Institutes, Taiwan, Anda yang berbelanja hampir setiap hari ternyata punya kemungkinan 25 persen untuk hidup lebih lama dari kebanyakan orang. Kok bisa?

Para peneliti mengungkapkan bahwa berbelanja memilki berbagai manfaat positif yang bisa mempengaruhi kesehatan dan kebahagiaan seseorang. Namun, yang harus diingat adalah Anda tetap harus pintar memilih benda yang benar-benar dibutuhkan dan bukan sekadar menjadi shopaholic.

1. Banyak bergerak
Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 20 menit setiap hari bisa memperkuat jantung dan meningkatkan umur Anda. Ketika berbelanja, pasti Anda akan mondar-mandir di mal untuk melihat-lihat barang yang menarik. Bisa dipastikan aktivitas ini akan menghabiskan waktu lebih dari 20 menit dengan cara yang menyenangkan. Ditambah menjinjing tas belanja di tangan, dan mencoba beberapa potongan pakaian, belanja bisa jadi latihan ketat untuk kesehatan jantung.

2. Ikatan sosial

Sebagian besar perempuan saat belanja pasti mengajak pasangan atau teman-teman. Hal ini bisa membantu membangun ikatan sosial dan memfasilitasi komunikasi. Tak hanya itu, belanja bersama juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik terhadap pasangan atau teman Anda.

3. Membantu mempertahankan citra diri positif
Apa yang Anda pikirkan saat sedang mematut diri di depan cermin ruang ganti dan mencoba beberapa potong baju favorit Anda? Ketika mengambil beberapa potong pakaian dan melihat gambaran diri yang cantik, bukankah akan membuat Anda jadi tambah percaya diri? Tak hanya itu, belanja bisa membantu Anda lebih terampil dalam tawar-menawar barang. Teman-teman Anda pasti akan menyanjung, dan hal ini akan menambah kepercayaan diri serta menciptakan citra diri yang positif untuk Anda.

4. Pemahaman diri yang lebih baik
Ketidakpercayaan diri muncul akibat kurangnya pemahaman akan diri sendiri. Tak ada salahnya sesekali mencoba beberapa tren yang ada sekarang ini, misalnya animal print. Namun, tidak semua orang berani menggunakan motif ini dan menunjukkannya di depan orang lain, karena takut terlihat jelek dan tidak pantas. Padahal, Anda tak akan pernah tahu pakaian itu pantas atau tidak untuk Anda, jika belum pernah mencobanya kan? Mencoba sesuatu yang baru atau berbeda dengan yang Anda harapkan, dan mendapatkan hasil yang lebih baik justru akan meningkatkan citra, pemahaman, dan kepercayaan diri yang lebih baik.

5. Meningkatkan kesehatan

Saat membeli kado untuk orang yang disayangi pasti akan membuat Anda merasa senang dan merasa lebih baik. Inilah sebabnya mengapa banyak perempuan yang suka berbelanja ketika merasa stres atau bad mood. Pada dasarnya belanja mengaktifkan otak untuk melepaskan hormon dopamin dan mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com