Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2012, 10:20 WIB

KOMPAS.com - Beberapa dari Anda mungkin terbiasa mengakhiri surat elektronik (surel) dengan tanda "X", "Xoxo", atau ikon smiley. Tetapi, jangan biarkan kebiasaan mengakhiri surel pribadi semacam ini terbawa ke kantor. Sebab, akibatnya mungkin tidak akan Anda duga.

Survei terbaru dari situs kencan whatsyourprice.com menunjukkan bahwa surel yang menampilkan emosi semacam itu berpotensi menimbulkan kisah cinta di kantor. Lebih dari separuh orang yang disurvei, yang memiliki hubungan cinta dengan rekan kerja, mengaku bahwa affair terjadi setelah tanda "X" dikirimkan dalam pesan-pesan mereka di SMS atau surel.

Mayoritas dari mereka yang disurvei memang mengakui bahwa mereka tidak menanggalkan ikon smiley atau "X" tersebut, dan secara otomatis menggunakannya. Mereka sebenarnya menyadari bahwa simbol-simbol tersebut bisa memberikan kesan yang salah pada penerimanya. Maklum saja, "X" atau "XoXo" merupakan simbol "peluk dan cium", yang biasa digunakan untuk mengekspresikan perasaan atau keakraban di bagian akhir pesan-pesan SMS, surel, atau instant messenger.

Survei tersebut juga mendapati bahwa hampir 90 persen perempuan dan 85 persen laki-laki sepakat bahwa menerima pesan yang ditandai dengan "X" sebelum kencan pertama meningkatkan peluang keintiman.

Seperti Anda duga, penggunaan "X" di dunia kerja dicetuskan oleh tempat kerja yang didominasi kaum perempuan. Mereka melakukannya untuk menciptakan suasana yang rileks dan ramah di kalangan rekan sekerja. Namun, seiring berjalannya waktu, simbol-simbol tersebut kini digunakan oleh kaum laki-laki ataupun perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com