Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2012, 14:16 WIB

KOMPAS.com - Tubuh kita menumpuk racun akibat proses metabolisme di kulit. Jika racun ini tak dibuang, kulit akan menjadi lebih kusam dan rusak. Maka, detoksiofikasi kulit perlu  diterapkan untuk menyehatkan dan membuatnya jadi lebih indah. Proses membuang racun pada kulit ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan beberapa langkah yang sederhana.

1. Kurangi frekuensi pemakaian krim
Tubuh mengeluarkan racun melalui pori-pori kulit. Untuk mendetoksifikasi kulit dengan efektif, Anda harus melakukan pembersihan yang cara yang tepat. Gunakan produk kecantikan yang bisa membuka pori-pori kulit. Bersihkan kulit Anda dengan produk pembersih, lalu bilas dengan air. Hindari aplikasi krim kulit khususnya di malam hari, agar kulit lebih bebas bernafas.

2. Menyikat kulit
Menyikat bagian kulit tubuh dengan sikat yang halus merupakan cara yang paling baik dan efektif untuk mendetoksifikasi kulit. Setelah membersihkan kulit, keringkan dengan handuk. Setelah kering, gunakan sikat yang agak halus untuk menyikat semua bagian kulit ini.

Proses ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan sistem limfatik yang akan memicu pelepasan racun dari tubuh. Ini juga akan mengangkat semua sel kulit mati yang menempel sehingga kulit jadi lebih bercahaya.

3. Gunakan "clay pack"
Salah satu cara paling efektif untuk melepaskan racun dan mendapatkan kulit indah adalah menggunakan clay pack (tanah liat untuk kulit). Ambil sedikit tanah liat dan campur dengan gliserin sampai membentuk pasta. Namun, sekarang ini sudah ada tanah liat yang siap digunakan. Oleskan tanah liat di seluruh tubuh atau di bagian yang diinginkan. Tanah liat akan mengikat sel kulit mati dan menangkap racun di kulit. Setelah kering, bilas dengan air sampai bersih.

4. Cuka apel
Cuka apel tak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan kulit. Campur setengah atau satu cangkir penuh cuka apel dengan seember air hangat dan gunakan untuk mandi. Cuka akan merangsang proses detoksifikasi kulit dengan cara yang sehat. Menggunakan cuka apel untuk mandi juga akan mengurangi risiko masalah kulit seperti jerawat. Lakukan hal ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang lebih efektif.

5. Scrub tubuh
Scrub tubuh juga dibutuhkan untuk mengangkat sel kulit mati di tubuh. Usahakan untuk melakukannya seminggu sekali. Butiran lembut scrub akan membantu mendetoksifikasi dan membersihkan kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com