Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2012, 15:31 WIB

KOMPAS.com - Hubungan berpasangan berjalan bertahap mulai masa perkenalan, kencan, hingga akhirnya berlanjut lebih serius, seperti pertunangan hingga pernikahan.

Keseluruhan proses dalam menjalin hubungan, apalagi dengan pasangan baru ini, semestinya dinikmati. Namun, tak sedikit perempuan yang kehilangan pasangan kencan lantaran ia merasa terobsesi dengan pacarnya.

Kalau Anda merasakan hal yang sama, segera sadari kekeliruan ini. Karena biasanya, obsesi berlebihan pada pria saat menjalani kencan akan merusak hubungan.

Psikolog, Dr Amy Johnson menyarankan atasi sikap penuh obsesi ini dengan melihat lebih dalam ke diri sendiri, ketakutan apa yang sebenarnya Anda alami.

"Ajukan pertanyaan kepada diri sendiri, seperti: Apa yang sebenarnya saya takuti saat ini? Apa skenario terburuknya? Pertanyaan seperti ini akan membantu Anda mencari akar masalah, ketakutan apa yang sebenarnya Anda alami sehingga Anda begitu terobsesinya dengan pasangan kencan," jelasnya.

Dr Johnson mengatakan penting bagi pasangan berkencan untuk menikmati hubungan, merasa bahagia dengan apa yang sedang dijalani saat ini. Namun, penting juga bagi setiap individu untuk menikmati kebahagiaan dirinya sendiri, bukan hanya kebahagiaan pasangan atau hubungan.

"Kuncinya adalah menikmati, menginginkan pasangan, tapi bukan membutuhkan. Kalau saat menjalani hubungan baru, Anda lebih fokus pada kebutuhan, bukan keinginan, energi akan habis. Nikmati saja hubungan baru dengan pasangan baru ini," sarannya.

Agar hubungan baru ini bisa berlanjut, sambil berproses untuk saling mengenal pasangan dengan baik, fokuslah pada hal-hal yang menyenangkan. Munculkan perasaan dan sikap yang lebih mengarah pada menginginkan bukan membutuhkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com