Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2012, 18:04 WIB

KOMPAS.com - Kemudahan yang ditawarkan belanja online membuat kita terbuai berlama-lama memilah dan memilih aneka barang di portal belanja. Lantaran terlalu bersemangat, tak jarang kita melakukan kesalahan fatal dan berujung kecewa. Simak kesalahan yang harus dihindari saat belanja online berikut ini:

1. Tergiur gambar.
Jangan langsung membeli karena tergiur dengan gambar yang bagus. Coba tanya ukuran, bahan, lingkar dada dan pinggul saat membeli baju misalnya. Tanya panjang detil saat membeli sepatu agar tak menyesal setelah membeli. Cocok dengan model yang terlihat bagus belum tentu cocok saat dipakai.

2. Terbuai diskon. Harga barang di toko online lebih murah dibandingkan harga pasar. Tunggu dulu, jangan mudah percaya dengan penawaran semacam ini. Jangan mudah terkecoh atau tergiur dengan diskon saat belanja online. Apalagi jika Anda menyeleksi portal belanja hanya dari diskon yang diberikan.

Sebaiknya pilih portal belanja yang kredibel dan terpercaya, sehingga diskon yang diberikan pun dapat dipertanggung-jawabkan, uang Anda pun tak terbuang sia-sia karena berbagai modus penipuan.

3. Tidak cek ongkos kirim. Harga barang murah tidak menjadi jaminan kantong Anda tak jebol dibuatnya. Seringkali pengguna situs belanja online tak memperhitungkan pengiriman. Kebanyakan hanya berpatokan pada harga jual. Sementara saat memasuki tahapan rincian belanja, ada biaya tambahan yang dikenakan, dalam hal ini biaya pengiriman yang bergantung pada wilayah.

Perhatikan secara seksama, biaya akhir yang harus Anda bayarkan dengan turut memperhitungkan ongkos kirim tersebut. Kalau masih satu wilayah, biaya pengiriman tak terlalu membebani. Tapi lain soal jika sudah antarpulau apalagi antarnegara. Pastikan biaya pengiriman tak melebihi harga jual barang.

(Majalah Chic/Equita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com