Selasa, 2 September 2014
5 Cara Merayu Anak Makan
Selasa, 25 September 2012 | 12:10 WIB
|
Share:
shutterstock

Agar anak tak makan dengan tangan kotor, ajarkan ia mencuci tangannya dan ajarkan cara makan yang tepat.

KOMPAS.com - Hampir semua ibu mengeluhkan sulitnya memberi si kecil makanan. Butuh berbagai trik untuk membuat anak mau menyuap makan dan menghabiskannya, dan tak jarang saat makan ini justru menghabiskan waktu yang sangat lama. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh dua hal, pertama adalah si kecil menjadi sulit makan karena ingin menggoda Anda. Lalu alasan kedua adalah anak tidak suka makanan yang Anda sajikan.

Secara umum, ada lima perilaku yang sering dilakukan anak saat sulit makan. Antara lain, memuntahkan makanan, mengemut, berlarian, makan dengan tangan kotor, dan tidak konsentrasi makan. Nah, berikut cara mengatasinya.

1. Memuntahkan makanan

Ini merupakan masalah yang paling banyak dihadapi para ibu. Setelah bersusah payah memasukan makanan ke dalam mulut si kecil, mereka memuntahkan kembali makanannya. Tidak peduli makanan atau susu yang Anda berikan, mereka akan memuntahkannya kembali.Jika tak dilarang, hal ini akan menjadi kebiasaan bagi mereka. Atasi masalah ini membuat suasana makan menyenangkan dengan permainan atau sambil mendongeng.

2. Tidak konsentrasi makan

Ketika anak-anak makan, mereka jarang sekali bisa duduk manis dan diam. Kebanyakan, setelah makanan masuk ke mulut mereka akan berpaling pergi dan meninggalkan. Biasanya dilakukan agar Anda menyerah untuk menyuruh mereka makan. Sekali lagi cara mengatasi dengan memberikan kegiatan yang mereka sukai. Berikan mainan atau film anak agar mereka bisa duduk tenang di dekat Anda saat sedang disuapi. Dengan cara ini pandangan mereka akan berada dalam arah dan fokus yang tetap.

3. Mengemut
Banyak bagi memiliki kebiasaan untuk ngemut makanan di dalam mulut. Setelah menyuapi mereka, Anda akan melihat mereka tidak mengunyah dan menelan makanan tersebut. Ini membuat waktu makan menjadi sangat lama dan makanan banyak yang tersisa di piring. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang sangat sederhana, yaitu memberi mereka contoh. Ambil beberapa sendok makanan ke mulut Anda, kunyah serta telan makanan tersebut di depan anak. Hal ini akan membuat anak-anak meniru gerakan yang Anda lakukan.

4. Makan dengan tangan kotor
Anak-anak memiliki aktivitas dan mobilitas yang tinggi. Mereka pun menyentuh hampir semua barang yang mereka temui termasuk saat Anda memberinya makan. Terkadang saat Anda menyuapinya, mereka akan mencoba untuk melakukannya sendiri dengan tangannya. Sebaiknya biasakan mereka selalu mencuci tangan sebelum makan (sekalipun disuapi) dan melatih mereka cara yang tepat saat makan.

5. Berlarian

Anak sehat biasanya selalu aktif bergerak dan berlarian termasuk saat makan. Hal ini membuat Anda harus selalu mengikuti gerak-geriknya bahkan berlarian mengejarnya untuk makan. Cara membuat mereka duduk manis dan makan dengan lahap adalah dengan memberikan mainan favorit mereka di depannya atau suapi mereka sambil mendongeng. Hal ini akan membantu menarik perhatian mereka di satu tempat saja.

 


Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Hesti Pratiwi
BERITA LAIN: