Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2012, 10:30 WIB

KOMPAS.com -  Angkat beban merupakan cara efisien untuk menciptakan tubuh, ramping terpahat indah. Melatih otot Anda tak hanya membakar lemak, tetapi otot yang mengkal membuat lemak tak punya tempat di tubuh. Sebaliknya, lemak justru akan dibakar tubuh untuk bahan bakar otot.

Tak perlu takut badan Anda nantinya akan berotot seperti Ade Ray. Kecuali Anda memang ingin jadi atlit angkat beban atau body building badan Anda tak akan berotot besar. Untuk membentuk otot ala body builder ada latihan khusus (lebih keras) dan pola makan tertentu.

Sebenarnya, melatih otot adalah cara mendapatkan tubuh yang kencang. Dengan barbell, Anda dapat latihan mengangkat secara bertahap dan hanya menggunakan satu peralatan Anda bisa melatih banyak otot.

Sebelum Anda mencoba bergerak dengan barbell, Anda perlu pertama latihan hanya menggunakan kekuatan menggunakan berat badan kemudian dengan dumbbells atau kettlebells. Ketika Anda merasa siap untuk
mengangkat barbell, lakukan latihan tanpa beban apapun, angkat hanya gagangnya saja. Perlahan-lahan tambahkan beban, ketika Anda merasa lebih nyaman dan tambah kuat.

Meskipun
ada banyak cara mengangkat beban, salah satu latihan yang paling sederhana dan efektif  adalah latihan deadlift. Mungkin latihan ini tampaknya hanya melatih bagian bawah tubuh. Sebenarnya deadlift juga melatih seluruh bagian batang tubuh Anda, bahu, dan otot punggung karena seluruh tubuh harus bekerja untuk menstabilkan beban dari barbell.  Lakukan 3 sampai 5 set, per setnya lakukan  5 sampai 10 repetisi.

Cara melakukan "deadlift"

Angkat barbell dari  rak dengan menekuk lutut sedikit. Tempatkan kaki Anda di bawah bar. Tekuk pinggul dan lutut, dan pegang barbell dengan tangan selebar bahu (gambar Step 1). Tahan barberl dengan merapatkan ketiak Anda. Kemudian berdiri tegak  dan berjalan dua langkah kecil ke belakang.

Step 2, Genggam dengan kuat barbell, tarik napas dalam, condonkan badan ke depan dari pinggul sambil menjaga tulang belakang lurus. Bar harus sangat dekat dengan tubuh Anda, bahkan menyentuh tulang kering Anda jika mungkin, hingga tubuh Anda paralel dengan lantai.

Step 3, buang napas sambil menegakkan tubuh. Pastikan Anda memberikan tekanan pada bokong dan perut bagian atas Anda.

Deadlift

(Ki-ka: Step 1, Step 2, Step 3)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com