Kamis, 2 Oktober 2014
Aturan Makan Saat Olahraga
Rabu, 3 Oktober 2012 | 11:05 WIB
|
Share:
shutterstock

Makan camilan kaya karbohidrat 30 menit sebelum latihan agar Anda tak mudah lelah.

KOMPAS.com –  Asupan makanan itu juga penting sebelum olah tubuh. Mengapa? Sebab Anda pasti membutuhkan energi untuk bergerak.

Semakin tinggi energi yang Anda miliki, latihan akan semakin kuat, lebih lama bertahan serta mampu melakukan latihan yang Anda anggap berat sekalipun.

Hal ini juga berlaku usai olahraga. Anda tentu sering merasa lapar usai olah tubuh. Ini adalah hal yang wajar, karena tubuh butuh asupan untuk pemulihan.

Akan tetapi bukan sembarangan makanan yang dapat Anda asup. Makan yang benar juga bagian dari gaya hidup sehat. Yang paling penting, menjadikan hasil latihan lebih maksimal.

Lona Sandon, RD, Asisten Profesor di Department of Clinical Nutrition, University of Texas Southwestern Medical Center, AS, menjelaskan cara terbaik mengasup energi tanpa justru membuat bobot Anda tambah gemuk.

"Pre-Workout"
Jika makanan terakhir Anda adalah lebih dari lima jam yang lalu, asup 100 hingga 200 kalori camilan 30 menit sebelum berolahraga. Cairan mencerna lebih cepat, jadi cobalah susu, jus, atau setengah porsi (gelas) smoothie. Pilih yang polos, yogurt rendah lemak dan buah tanpa penambahan lainnya.

"Mid-Workout"
Anda perlu camilan selama latihan hanya jika Anda berlatih lebih dari 90 menit. Pilihan terbaik karbohidrat 100 kalori, seperti segenggam kacang.

"Post-Workout"
Idealnya, asup camilan yang menggabungkan karbohidrat dan protein untuk membantu pemulihan. Terbaik kedua: karbohidrat dengan serat (seperti buah). Jika makan berikutnya Anda kurang dari tiga jam lagi, pastikan makanan ringan Anda di bawah 200 kalori, cobalah bar energi dengan setidaknya 3 gram serat, setengah bagel dengan selai kacang, atau susu cokelat rendah lemak.

 

 


Editor :
Hesti Pratiwi
BERITA LAIN: