Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2012, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Louis Vuitton perlu berterima kasih kepada kaum perempuan di seluruh dunia. Berkat mereka, LV kini menjadi merek tas terbaik dunia, demikian hasil studi terakhir dari Interbrand.

Konsultan brand terkemuka dunia ini belum lama ini merilis laporan tahunan mengenai brand-brand terbaik dunia. Lembaga ini menganalisa cara brand mendongkrak bisnisnya, memenuhi harapan para pelanggan berikut kinerja keuangannya. Brand juga berperan memengaruhi pilihan konsumen, dan dengan kekuatan yang dimilikinya, brand mampu menetapkan harga premium dan mengamankan pendapatannya.

Di sektor fashion, LV menjadi brand terbaik dari sisi perkiraan nilai tahunannya secara total. Rumah mode Perancis yang mempekerjakan perancang Marc Jacobs sebagai direktur kreatifnya ini mengalahkan brand-brand fashion lain seperti Gucci, Burberry, dan Prada. Hebatnya, di antara merek-merek high end tersebut, muncul dua label high street, yaitu H&M dan Zara. Kedua brand ini merupakan favorit Kate dan Pippa Middleton.

"Burberry sangat bangga menjadi salah satu brand yang kembali masuk daftar Best Global Brands dari Interbrand tahun ini. Menjadi brand yang hebat merupakan 'jantung' dari segala sesuatu yang kami lakukan. Sungguh merupakan kehormatan untuk tampil bersama brand-brand global lain dalam laporan ini," papar Angela Ahrendts, CEO brand Inggris Burberry.

Dalam daftar keseluruhan merek dunia tersebut, LV menempati ranking 17 dengan nilai sebesar 23,5 juta dollar. Posisinya masih di bawah merek-merek top lain seperti Apple, Google, dan Mercedes-Benz. Sedangkan peringkat pertama brand terbaik dunia adalah Coca-Cola, dengan nilai 77,8 juta dollar. 

Berikut adalah sembilan brand terbaik di sektor fashion:
1. Louis Vuitton (#17, 23,5 juta dollar)
2. H&M (#23, 16,5 juta dollar)
3. Zara (#37, senilai 9,4 juta dollar)
4. Gucci (#38, 9,4 juta dollar)
5. Hermes (#63, 6,1 juta dollar)
6. Burberry (#82, 4,3 juta dollar)
7. Prada (#84, 42,7 juta dollar)
8. Ralph Lauren (#91, 4,0 juta dollar)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com