Senin, 21 April 2014
Cara Menggoreng Kacang Mede
Jumat, 5 Oktober 2012 | 09:16 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Setelah ditiriskan, simpan kacang mede di wadah kedap udara agar kerenyahan terus terjaga.

KOMPAS.com - Mengolah kacang mede mentah butuh trik tersendiri. Tidak bisa asal menggoreng, karena jika salah caranya, kacang mede malah jadi pahit. Ada langkah-langkah yang bisa Anda ikuti, yaitu:

1. Siapkan wadah berisi air hangat. Banyaknya disesuaikan dengan jumlah kacang mede. Yang pasti, seluruh kacang mede harus bisa terendam.
2. Masukkan garam sebanyak tiga sendok makan ke dalam wadah. Aduklah sampai garam larut.
3. Masukkan kacang mede. Pastikan semua terendam. Diamkan selama 3-5 menit.
4. Setelah itu, aduk perlahan dengan tangan. Air akan berubah menjadi keruh dan kehitaman. Itu artinya, getah yang menempel pada kacang mede mulai terlepas.
5. Tiriskan kacang mede. Buang bekas air rendamannya. Lalu ulangi proses perendaman sekali lagi. Setelah itu, bilas dengan air keran.
6. Agar kacang mede gurih, goreng menggunakan bumbu. Bumbunya terdiri atas bawang putih dan garam yang dilumat sampai halus.
7. Sisihkan dulu bumbu yang telah disiapkan. Goreng kacang di atas minyak panas dengan api sedang. MInyak goreng harus cukup banyak sampai semua kacang terendam.
8. Satu menit kemudian, masukkan bumbu, lalu aduk perlahan. Sebentar saja, tidak perlu sering-sering karena nanti bisa menyebabkan kacang mede terbelah.
9. Setelah kacang berubah warna menjadi agak kuning, angkat.
10. Tiriskan, lalu letakkan di atas kertas bersih agar minyak terserap.
11. Diamkan beberapa saat sampai kacang tak panas lagi. Singkirkan bumbu-bumbu yang mengering.
12. Simpan di wadah kedap udara agar kerenyahan terus terjaga.

(Fitri Hariyadiningsih)

Editor :
Dini