Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil Berkebaya di Karantina Miss International 2012

Kompas.com - 05/10/2012, 11:08 WIB

KOMPAS.com - Ajang kecantikan Miss International 2012 berlangsung di Kota Okinawa Jepang, melibatkan 50 negara berfokus pada pertukaran budaya dan persahabatan antarnegara.

Puteri Indonesia Lingkungan 2011 Lizza Elly Purnamasari (21) tampil mewakili Indonesia. Lizza telah mengikuti masa karantina Miss International 2012 sejak 2 Oktober 2012. Perempuan asal Jawa Timur ini memanfaatkan momen perkenalan untuk menjalin pertemanan dengan kontestan dari sejumlah negara.

Selama karantina, Lizza berbagi kamar dengan Miss India, Rochelle Maria Rao. Pada saat menjalani ragam kegiatan karantina Miss International, Lizza pun menjalin keakraban dengan kontestan lain baik dalam kelas maupun di luar kelas. Dalam workshop komunikasi, Lizza masuk dalam grup B bersama Miss Estonia, Miss Hongkong, Miss Japan, Miss Guam.

Selain menjalin persahabatan, Lizza juga mempromosikan budaya Indonesia lewat gaya busana. Busana batik dan kebaya bergaya modern, membalut tubuh Lizza selama mengikuti karantina.

Lizza mulai mengenakan kebaya dengan rok batik saat tampil di red carpet pada acara Welcome Ceremony Miss International 2012 di Okinawa, Jepang. Lizza tampil anggun berkebaya, memukau dengan busana khas Indonesia berwarna cerah, paduan hijau dan kuning, dengan motif batik bergambar daun pada rok. Intan Avantie, perancang busana muda bertalenta asal Semarang, berhasil memberikan penampilan yang memukau berkarakter Indonesia dan tetap bergaya muda dengan warna berani yang harmonis.

Tak hanya kebaya, Lizza juga mengenakan dress batik yang cantik, menampilkan gaya perempuan urban namun bangga dengan tradisi. Saat berfoto dengan teman sekamarnya asal India, Lizza tampil memukau mencirikan Indonesia dalam berbusana.

Perjalanan Lizza di Jepang membawa nama Indonesia, membuatnya terkagum-kagum dengan seni dan budaya Jepang yang menonjol dalam berbagai kegiatan karantina Miss International 2012. Melalui busana tradisional Indonesia bergaya modern, Lizza pun mampu membuat dunia terkagum-kagum dengan budaya Indonesia. Sesuai misinya, kehadiran Lizza Elly di Miss International salah satunya adalah mengenalkan budaya Indonesia. Fashion punya andil besar dalam ajang internasional ini, dan Lizza memberikan kontribusinya sebagai "duta" budaya melalui busana yang dikenakannya.

Indonesia menorehkan prestasi dan reputasi positif di ajang ini. Puteri Indonesia Lingkungan 2009, Zukhriatul Hafizah berhasil terpilih sebagai Miss Friendship di ajang Miss International 2010 silam. Pada 2012 ini, perempuan yang akrab disapa Fiza ini juga kembali terlibat dalam pemilihan kecantikan. Kali ini Fiza aktif sebagai salah satu panitia Miss International 2012.

Kehadiran Fiza di Jepang, rupanya memenuhi harapan Lizza. Saat berbincang dengan Kompas Female di Jakarta beberapa waktu lalu, Lizza sempat mengatakan,  "Saya ingin sekali mendapat wejangan dari senior, seperti Fiza yang berhasil di Miss International dan contoh perempuan Indonesia." Bagi Lizza, Fiza adalah sosok perempuan Indonesia yang dapat menjadi role model bagaimana menjadi diri sendiri dengan tulus.

Dengan "ditemani" mentor dan panutannya, bukan tak mungkin Indonesia melalui Lizza akan lebih berprestasi di ajang internasional ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com