Rabu, 23 April 2014
Kiat Menabung Tanpa Beban
Rabu, 10 Oktober 2012 | 08:03 WIB
|
Share:
Shutterstock

Beli celengan, dan mulailah mengisinya dengan uang kecil sisa belanja. Lihat hasilnya selama setahun.

KOMPAS.com - Berapa pun gaji Anda, menabung tetap harus jadi prioritas. Tapi persoalannya, selalu saja ada godaan yang bikin seseorang mengurungkan niat untuk menabung. Agar tak malas menabung, coba cara ini:

* Bulatkan harga. Misalnya, saat Anda membeli sesuatu seharga Rp 26.000 genapkan menjadi Rp 30.000 pada catatan pengeluaran. Masukkan selisih Rp 4.000 tersebut untuk ditabung. Selalu lakukan pembulatan ini dan kumpulkan. Tanpa terasa sedikit-sedikit bisa menjadi bukit.

* Simpan dan "lupakan". Biasakan untuk menyisipkan sejumlah uang di tempat tersembunyi seperti tas atau di lemari. Setiap kali memiliki uang ekstra, simpan ked alam tempat rahasia itu dan lupakan. Tanpa sadar Anda telah mengumpulkan sejumlah uang.

* Siapkan celengan. Seperti saat kecil dulu, kita selalu bersemangat menabung di celengan. Sekarang lakukan lagi, masukkan uang kecil setiap hari dan lihat hasilnya selama setahun.

* Nominal tertentu. Buat kesepakatan dengan diri sendiri untuk mengumpulkan uang dalam nominal tertentu. Misalnya pecahan Rp 10.000. Jadi setiap melihat uang dalam nominal ini dalam dompet atau tas, segera pisahkan dan masukkan dalam tabungan.

(Majalah Chic/Bestari)

 

 

Editor :
wawa