Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2012, 14:40 WIB

KOMPAS.com - Selain kegemukan, salah satu musuh terbesar perempuan adalah guratan-guratan berwarna putih atau yang sering disebut selulit. Dan, menurut penelitian Cornell University, 98 persen perempuan memiliki selulit. Meski demikian, bukan berarti kita tak bisa menghindari atau menghilangkan selulit. Sebab, selulit ternyata bisa diminimalisasi dengan olahraga. Biasanya selulit menumpuk di area bokong, sehingga untuk mengatasinya Anda harus mengencangkan otot bokong. Untuk mengencangkan otot-otot bokong dan paha, lakukan gerakan berikut:

1. Single-leg hip raise
A. Berbaringlah telentang di lantai, kemudian tekuk lutut kiri sementara posisi kaki kanan diluruskan. Usahakan kedua kaki sejajar. Kemudian tahan dan kempiskan perut sedikit. Tahan sampai beberapa hitungan.
B. Tahan perut Anda, kemudian perlahan-lahan angkat pinggul Anda sampai tubuh membentuk garis lurus dari bahu ke lutut. Tahan posisi ini selama dua detik, sambil tetap menarik perut ke dalam. Turunkan kembali pinggul Anda, dan ulangi.
Kunci utama: Posisikan tubuh dan pinggul sebagai satu unit yang bekerjasama. Latihan ini akan membantu menguatkan otot pinggul bokong dan punggung Anda. 

  hip-raise-a-b-3_0

2. Reverse lunge
A. Ambil sepasang dumbbell, dan posisikan dumbbell ini di samping tubuh dengan telapak tangan saling berhadapan.
B. Posisikan kaki kanan untuk melangkah mundur, kemudian turunkan tubuh perlahan sampai lutut kiri tertekuk sampai 90 derajat, dan lutut kanan menempel lantai. Dorong tubuh sampai kembali ke posisi awal dan kemudian turunkan lagi sampai kaki menyentuh lantai. Ulangi beberapa kali, dan lakukan bergantian dengan lutut sebelahnya.

  reverse-lunge-a-b-2

3. Step up
A. Ambil sepasang dumbbell, dan tahan di samping tubuh. Kemudian berdirilah di depan bangku. Angkat salah kaki kiri ke atas bangku.
B. Tekan tumit kiri, dan buat posisi seperti ingin naik ke atas bangku dengan satu kaki. Turunkan tubuh Anda kembali ke lantai sampai kaki kanan menyentuh lantai, sedangkan kaki kiri tetap di atas bangku. Ulangi dan lakukan dengan bagian kaki lainnya.

 step-up-a-b-2

FOTO-FOTO: PREVENTION

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com