Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2012, 09:49 WIB

KOMPAS.com - Psikolog Steven Most dan timnya dari University of Delaware Amerika Serikat, mengungkapkan semakin hari perempuan makin mudah cemburu dengan kekasihnya. Dari 300 responden, 40 persen mengaku lebih cemburu dengan sahabat perempuannya sendiri.

Kalau Anda menemukan ada tanda si dia naksir sahabat, jangan dulu salah sangka. Hadapi dengan tepat supaya hubungan persahabatan tetap baik, terutama apabila ternyata prasangka Anda salah.

1. Ungkapkan keluhan.
Pria memang sulit menembak apa yang wanita rasa dan pikirkan, jadi ungkapkan saja supaya jelas dan si dia menangkap maksud Anda. Bila dia sudah terlalu dekat dengan sahabat Anda, sah saja melontarkan keluhan daripada Anda kesal sendiri. Kalau memang tidak ada maksud apa-apa, pasti ia akan segera memperbaiki sikapnya. Kecuali setelah Anda jujur, dia malah bersikap defensif, berbalik marah, tapi tak juga berubah.

2. Versi sahabat.
Entah itu cinta atau sekadar perhatian biasa, yang pasti rasa cemburu bisa membuat Anda tak bisa berpikir jernih. Menurut Most, cemburu memengaruhi cara kerja otak untuk memproses informasi secara visual. Sehingga, apa yang Anda lihat seakan sama dengan apa yang kita curigai. Supaya tak cemburu buta, sebaiknya bicarakan langsung dengan sahabat. Mintalah pendapatnya tentang kejadian ini, apakah ia merasa ada "sinyal" lain yang diberikan kekasih Anda atau tidak. Tanpa diminta, sebagai sahabat ia pasti akan berempati dan tanpa diminta ia akan mulai menjaga jarak dengan si dia.

3. Pertahankan atau lepaskan?
Bila dia tak juga berubah, giliran Anda yang harus mengambil sikap. Apakah ia layak untuk dipertahankan? Atau persahabatan lebih penting dari segalanya? Hidup memang pilihan, dan Anda juga punya pilihan untuk lebih bahagia.

(Majalah Chic/Ayunda Pininta Kasih)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com