Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2012, 09:43 WIB

KOMPAS.com - Di usia yang tak muda lagi, tubuh Janet Jackson masih terlihat indah. Janet memang pernah mengalami masalah dengan berat badannya akibat diet yo-yo yang dijalaninya, yang membuat berat badannya mudah naik-turun. Namun, kini tubuhnya sudah kembali langsing. Salah satu kuncinya adalah dengan diet, mengurangi kebiasaan emotional eating, dan mencintai bentuk tubuh dengan segala kekurangannya.

Berikut tip diet yang dilakukan Janet untuk menurunkan berat badannya.

1. Ubah rutinitas olahraga Anda

"Saya tidak suka berolahraga, namun harus dilakukan untuk melengkapi diet. Rutinitas ini membuat saya cepat bosan," tukas Janet.

Untuk mengatasi rasa mudah bosannya, Janet selalu diajak pelatih pribadinya, Tony Martinez, berolahraga dengan cara yang menyenangkan dan berbeda. Salah satu cara yang dilakukan Tony adalah dengan mengajak Janet dan para penarinya untuk berolahraga bersama-sama.

Tony juga menekankan bahwa olahraga tak harus selalu dilakukan di gym. "Jika sedang bosan, Tony mengajak saya untuk olahraga atau berjalan-jalan di pantai sambil bermain bola atau anjing. Tony selalu punya cara 'ajaib' untuk berolahraga," pujinya.

2. Menurunkan berat badan bukan hanya menghitung kalori
Banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi dan kalori makanannya. Namun, diet bukan hanya masalah jumlah kalori saja. "Diet juga bicara tentang bagaimana cara Anda mengenali dan mengatasi emotional eating," tukasnya. Janet mencatat bahwa masalah emotional eating-nya semakin menggila saat ia merasa sedih, bosan, dan stres.

3. Cari pelatih yang tepat

Agar lebih termotivasi untuk berolahraga saat menurunkan berat badan, pilihlah pelatih yang tepat. Seorang pelatih yang baik seharusnya bisa membantu memotivasi, dan bukan sekadar menuruti semua yang Anda inginkan (misalnya, setuju untuk mengurangi latihan Anda). Pelatih yang baik juga tidak hanya berpikir pada hasil saja, tapi juga melihat proses dan kemampuan yang Anda miliki.

4. Hindari latihan instan
Semua hal yang dilakukan serba instan, termasuk diet, tidak akan memberikan hasil yang baik. Untuk bisa menurunkan berat badannya, Janet berolahraga selama enam hari seminggu. Ini dilakukan untuk meningkatkan staminanya saat menari. Namun, untuk menurunkan bobot tubuhnya, ia justru tidak menghabiskan waktu lama di gym. "Saya hanya olahraga selama 20-30 menit untuk latihan kekuatan dan kardio," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com