Jumat, 31 Oktober 2014
7 Kebiasaan yang Bikin Cepat Tua
Jumat, 19 Oktober 2012 | 16:41 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Melewati waktu makan atau menghindari karbo atau lemak, justru akan berdampak pada kulit yang membuat Anda terlihat lebih tua.

KOMPAS.com - Bukannya bertubuh bugar atau berbadan ramping, tujuh kebiasaan keliru saat diet dan olahraga ini malah bikin kita lebih cepat tua 5-10 tahun. Agar tetap awet muda, kulit kencang tubuh bugar, hindari sejumlah kebiasaan ini.

1. Candu makanan manis.
Dibanding menyantap menu utama, sebagian besar pelaku diet ternyata lebih memilih kue atau buah manis sebagai dessert karena porsinya lebih kecil dan bikin cepat kenyang. Padahal, gula mengandung zat bernama glycation yang bisa merusak lapisan kolagen dalam kulit. Sedang kolagen berfungsi membuat kulit kenyal dan kencang. Selain dessert, nasi putih dan buah yang terlalu matang juga mengandung banyak gula.

Coba: Saat hasrat makan manis melanda, akali dengan makan buah beri, seperti strawberry atau ceri. Selain mengurangi candu makanan manis, buah beri mengandung antioksidan tinggi dan mencegah kerusakan sel kulit. Coba juga mencium aroma manis, seperti vanilla dan kopi. Nah, kalau tetap ingin makan nasi, bisa pilih beras merah yang punya banyak serat atau batasi nasi putih maksimal tujuh sendok saat makan.

2. Sayur sebagai lalapan.
Makan nasi tujuh sendok takut masih lapar? Tenang, semua enggak akan kejadian kalau kita menambah porsi sayur. Tapi sayangnya, banyak yang menganggap sayur hanya sebatas lalapan, bukan menu utama.

Coba: Buang sugesti yang menganggap sayur sebagai menu lalapan dan jadikan ia menu utama pendamping nasi atau daging. Misalnya, isi piring makan siang dengan 25 persen nasi, 50 persen sayur, 25 persen lauk lain seperti daging, ikan, dan lainnya. Kata Katie Rodan, spesialis kuit asal San Francisco Bay, pasiennya yang banyak makan sayur, kulitnya terlihat lebih bercahaya dan kencang dibanding seumuran mereka yang tak pernah makan sayur.

3. Malas angkat yang berat-berat.
Banyak perempuan yang menganggap olahraga angkat berat, bahkan menenteng belanjaan hanya untuk laki-laki. Padahal, rajin-rajin angkat barang berat bisa mengencangkan otot tangan dan kulit wajah.

Coba: Sediakan waktu untuk lakukan angkat beban sebanyak 30 hitungan minimal tiga kali seminggu. Contoh gerakan: genggam dumbbells di kedua tangan, ayun tangan ke depan sampai sejajar bahu (tangan lurus ke depan). Supaya tidak cedera, lakukan pemanasan dulu ya.

4. Lebih suka lari dan main sepeda.
Olahraga dinilai bisa bikin pikiran lebih tenang. Sehingga, risiko stres pemicu penuaan dini bisa dikurangi. Sayangnya, lari atau main sepeda, hanya bisa menenangkan hati dalam beberapa jam saja. Anda boleh jadi sehat dan langsing, tapi cara ini tak cukup ampuh untuk bikin awet muda.

Coba: Ingin mengobati galau akut plus cantik dan langsing, waktunya ikut kelas yoga. Beberapa gerakan yoga dipercaya bisa melancarkan aliran darah dan oksigen. Baik untuk pikiran jernih dan kulit cerah. “Penelitian terbaru menemukan kalau yoga bisa membakar kalori dengan cepat, meredakan sakit, dan memperlambat penuaan,” ungkap Hema Sundaram, MD, spesialis kulit asal Washington.

5. Kebanyakan olahraga.
Olahraga dan aktif bergerak memang ampuh bakar lemak, namun bila kegiatan itu membuat kita kelelahan dan tidur kurang dari lima jam sehari, bukannya sehat, tubuh malah terlihat tidak bugar. Kurang tidur juga bisa menimbulkan mata panda, siklus menstruasi tidak stabil, nafsu makan berkurang, dan memicu kelelahan otot jantung.

Coba: Batasi olahraga maksimal dua jam sehari dan istirahat sebanyak 6-7 jam. Kalau kerjaan kantor lagi banyak, kita bisa memilih olahraga ringan seperti jalan kali selama 30 menit atau turun tangga darurat sebanyak 10 lantai.

6. Diet super ketat.
Kebiasaan makan nasi Padang, menu ayam bakar, sambal ijo, dan lalap daun singkong mulai dihentikan. Anda pun mulai diet dengan memilih makan buah saja atau tak makan sama sekali. Pola makan dengan menghilangkan asupan lemak, karbo, dan kalori secara drastis seperti ini justru bisa memicu kulit kendur, rambut rontok, tulang keropos, dan kuku kusam karena kurang nutrisi.

Coba: Menghapus nasi padang dari menu makan siang sebenarnya sah-sah saja. Tapi yang diperlukan tubuh untuk tetap sehat dan segar ialah vitamin A, C, dan E yang banyak terdapat dalam karbo, lemak, dan protein. Kita bisa mendapat vitamin A dengan makan tiga buah wortel. Vitamin C dengan makan daun hijau, kubis, serta buah asam seperti jeruk dan strawberry. Sedang vitamin E bisa kita dapat lewat bayam, almond, dan sereal gandum. Jadi, pastikan tiga serangkai ini ada dalam menu makan Anda.

7. Menghindari makanan antiaging.

Antiaging bukan cuma milik produk kecantikan, makanan pun bisa jadi “krim” yang ampuh bikin kulit kencang dan tak gampang keriput.

Coba: Dalam buku The Beauty Detox Solution, Kimberly Snyder mengatakan, selain vitamin A, C, dan E, kandungan alkaline dalam makanan, yaitu kalsium, potasium, dan magnesium,  bisa membuat tubuh semakin sehat, tulang-gigi kuat, serta rambut indah. Semua bisa kita dapatkan lewat sebuah apel, pir atau lemon setiap hari.

(Majalah Chic/Ayunda Pininta Kasih)


Editor :
wawa
BERITA LAIN: