Sabtu, 19 April 2014
Membangun Minat Baca Anak yang Tak Gemar Membaca
Senin, 22 Oktober 2012 | 16:06 WIB
|
Share:
shutterstock

Rangsang minat bacanya dengan hal yang disukainya.

KOMPAS.com – Jaman sekarang anak-anak hingga remaja punya lebih banyak pilihan dalam menghabiskan waktu. Media sosial, internet. video game hingga serial TV. Lalu bagaimana dengan membuat mereka menghabiskan waktu membaca.

Padahal membaca mempunyai banyak manfaat bagi anak. Paling tidak saat mengecam pendidikan lebih tinggi anak tak akan kesulitan dalam beradaptasi dengan bahan bacaan yang banyak. Selain itu, suatu saat ia akan membutuhkan untuk mempelajari keterampilan tertentu secara autodidak yang dapat meningkatkan kariernya. 

Beberapa anak-anak memang suka membaca dan Anda tak kesulitan sama sekali. Namun, jika Anda kebetulan memiliki anak yang tak suka membaca, ada startegi untuk membuat membaca menjadi kebiasaan menyenangkan baginya.

Jangan memberi label
Orangtua seringkali memberi label bahan bacaan "baik" dan "buruk". Banyak hal yang orangtua sering anggap sampah (buku komik, novel roman remaja, dll) tapi sebenarnya memiliki nilai sastra. Jangan bunuh kegemaran membacanya. Cara paling ampuh membuat anak mau membaca adalah tidak memaksanya membaca buku yang tak disukainya.

Mulailah dengan minat mereka
Jika mereka menyukai video game, mulailah merangsang keinginan baca mereka dari serial komik berdasarkan permainan atau majalah games. Bahkan sebuah novel grafis, diformat seperti komik, memiliki teks yang dibaca seperti sebuah novel. Ini adalah penyelamat bagi siswa yang kesulitan menyimpan informasi dengan mudah melalui teks, mereka dapat meningkatkan keterampilan membaca dan meminimalkan frustrasi.

Ikuti petunjuk mereka
Bahkan anak yang paling tak suka membaca pun masih membaca. Perhatikan hal yang anak-anak Anda baca dengan teliti di waktu luang. Sebagai contoh, apakah Anda pernah melihat bahan bacaan di tangan mereka? Beberapa anak-anak tidak akan membaca buku, tetapi mereka membaca buku panduan video game,  majalah game, komik online, atau buku manual dan instruksi permainan. Kebanyakan anak memiliki setidaknya satu keterampilan yang ingin mereka sempurnakan. Berikan buku yang berdasarkan pada minatnya, dia akan melahap informasinya.

Yakinkan anak Anda ia bisa membaca buku yang ia suka. Hal ini lebih ditekankan pada proses menumbuhkan minat membaca. Jika Anda memiliki anak keras kepala yang bersikeras tidak ingin membaca buku. Mintalah saran padanya memilihkan buku untuk saudara kandung, sepupu atau anak seorang teman. Minta ia memilihkan buku yang menurutnya "baik". Nah, dari situ Anda bisa mendapat gambaran.

Tanamkan nilai membaca
Bila Anak Anda mengatakan sesuatu kata baru atau menceritakan sesuatu yang baru, tanyakan padanya darimana ia tahu? Komik, majalah anak atau buku tentang pesawat terbang yang baru-baru ini menarik minatnya. Tekankan bahwa mereka mendapatkan pengetahuan berdasarkan bahan bacaannya dan itu hal yang membanggakan.

 

Editor :
Hesti Pratiwi