Senin, 22 September 2014
Memotivasi Diri Agar Selalu Semangat
Rabu, 24 Oktober 2012 | 10:07 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Untuk memiliki semangat hidup yang luar biasa, miliki tiga hal dalam hidup Anda: impian, berpikir positif, dan tekad.

T:
Ibu Ainy, bagaimana ya caranya memotivasi diri agar selalu semangat dalam menjalankan apa pun dalam keseharian? (Ulfatun Nafisah, 25)

J:
Mbak Ulfatun yang budiman,
Setiap diri kita mampu memotivasi diri dalam menjalankan apa pun di keseharian. Motivasi diri inilah yang membuat kita hidup penuh semangat. Hanya saja pertanyaannya, sebagaimana pertanyaan Anda di atas, bagaimana caranya agar hidup kita penuh semangat dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari?

Untuk memiliki semangat hidup yang luar biasa, miliki tiga hal dalam hidup Anda. Tiga hal itu adalah impian, berpikir positif, dan tekad. Antara impian, berpikir positif, dan tekad, sangatlah berkaitan erat satu-sama lainnya.

Saya yakin setiap diri kita memiliki impian, termasuk Mbak Ulfatun. Hanya saja setiap diri kita tahu bahwa memiliki impian saja tidak cukup, bukan? Perlu tekad untuk mewujudkannya. Untuk membangun tekad inilah kita perlu berpikir positif. Karena tekad diri kita akan terbangun ketika kita mampu untuk berpikir positif.

Jadi apa yang perlu Anda lakukan mulai sekarang? Ada tiga langkah sederhana yang perlu Anda lakukan sekarang juga. Pertama, bangun kembali impian Anda. Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan berikut ini secara berurutan dan jawablah sejujur-jujurnya:
* Apa sih yang sebenarnya saya impikan?
* Tindakan apa sajakah yang seharusnya saya lakukan?

Kedua, berpikir positif. Setiap bangun tidur, ucapkan puji syukur dengan sepenuh hati. Jika Anda seorang Muslim, ucapkan kalimat berikut ini sambil tersenyum, ”Alhamdulillah ya Allah. Hari ini saya niatkan untuk melakukan apa saja dengan penuh semangat dan berpikir positif.” Lalu, lakukanlah apa yang Anda ucapkan.

Apa pun yang terjadi dalam sehari-hari, katakan kepada diri Anda, pasti ada hikmah positif di balik peristiwa ini. Dan peristiwa ini pasti akan membuatku menjadi seorang Ulfatun yang lebih baik dan bijaksana.

Ketiga, bertekadlah untuk mewujudkannya. Yang dimaksud tekad di sini adalah melakukan apa yang Anda impikan dan apa yang Anda ucapkan. Bahwa untuk mewujudkan impian, kita harus mempunyai tekad untuk mewujudkannya, bukan?

Itulah sebabnya, mulai sekarang, setiap kali Anda mengucapkan sesuatu, khususnya hal yang paling sederhana, lakukanlah. Apa pun kondisinya, lakukan apa yang telah Anda ucapkan. Dan selamat merasakan manfaatnya yang luar biasa! Selamat menjadi Ulfatun yang penuh semangat!

Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Motivator & Coach
Penulis buku best seller Dahsyatnya Kemauan


Editor :
Dini
BERITA LAIN: