Minggu, 31 Agustus 2014
Agar Bayi Terlelap Sepanjang Malam
Kamis, 1 November 2012 | 12:33 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Bayi yang relaks, senang, dan kenyang siang hari tertidur lebih lelap malam hari.

KOMPAS.com – Terjaga semalaman adalah pengalaman yang paling umum bagi setiap orangtua baru. Bayi kadang terbangun tengah malam dan terus terjaga sesukanya. Hal ini juga mengacak-acak jadwal harian Anda. Berbeda dengan bayi, ada banyak aktifitas yang tetap harus Anda lakukan siang hari.

Sebenarnya Anda dapat mengakali agar bayi tertidur lebih lama saat malam. Sejatinya bayi tertidur selama 16 jam sehari, hanya saja waktu tidurnya terpecah-pecah. Nah, agar bayi Anda tertidur lebih panjang malam hari ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Atur jadwal tetap
Tetaplah pada rutinitas yang sama setiap saat. Jika bayi Anda terbangun terlalu siang karena ia terjaga semalaman, bangunkanlah pagi hari pada jam yang sama. Dengan begitu bayi Anda akan tidur lebih banyak malam hari. Ini juga akan memberi waktu tidur lebih lama bagi seluruh anggota keluarga yang lain.

Tidur siang di ruangan terang
Saat siang hari biarkan bayi tertidur di ruangan dengan cahaya yang terang. Ini akan membuat bayi Anda hanya tidur siang sebentar. Jika ia tertidur sedikit di siang hari maka, ia akan tidur lebih lama di malam hari.

Menyusui siang hari
Kadang bayi tak terlalu banyak atau ingin menyusu pada waktu siang hari. Hal ini disebabkan bayi yang baru lahir sangat penasaran dengan dunia di sekitarnya yang baru. Ia ingin mengeksplor segala hal disekitarnya, cahaya, suara, kehadiran orang lain. Nah, ini yang membuat selera makannya pun berkurang siang hari. Namun, memenuhi seluruh kebutuhan nutrisinya pada siang hari akan membantunya kenyang dan tertidur pulas semalaman.

Berikan ASI
Memberikan ASI pada bayi Anda berarti memberinya nutrisi terbaik. Dengan nutrisi yang baik bayi akan tidur lebih nyenyak malam hari.

Mengendong bayi sore hari
Aktifitas menggendong akan membuat bayi Anda merasa senang dan santai. Maka, sebaiknya Anda menggendong bayi pada sore hari. Aktifitas ini akan  membantu bayi merasa santai dan senang. Perasaan ini akan terus bertahan saat ia tidur malam hari

Membuat suasana hati tenang
Rahasia berikut bayi tertidur lebih lama sore hari adalah dengan membuat suasana hatinya tenang. Ingat bayi yang relaks dan senang tertidur lebih lama daripada bayi yang resah dan merasa tak nyaman. Banyak hal yang bisa dilakukan agar bayi merasa tenang sore hari, bernyanyi, memandikannya, memijat bayi lembut. Pilih saja yang sesuai dengan bayi Anda.

Menyusui di ruangan gelap
Bila bayi terbangun di tengah malam dan ingin menyusu. Anda sebaiknya menyusui di ruangan dengan cahaya seminim mungkin. Bayi harus menyadari dan belajar bahwa malam adalah waktunya tidur dan siang beraktifitas termasuk makan.

Berjalan-jalan
Berjalan-jalan di bawah sinar mentari atau udara segar baik bagi Anda dan bayi. Sering-sering berjalan dengan bayi dalam gendongan atau kereta bayi, ini akan bantu melepaskan stres. Yang paling penting  Anda harus ikut istirahat setiap kali bayi Anda tidur.

 


Editor :
Hesti Pratiwi
BERITA LAIN: