Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2012, 09:48 WIB

SEOUL, KOREA SELATAN, KOMPAS.com - Ginseng memang dikenal punya banyak manfaat untuk kesehatan, dan ginseng Korea termasuk jenis ginseng terbaik di seluruh dunia.

"Dibanding negara lainnya, ginseng Korea memiliki kandungan senyawa saponin sehingga mampu membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan dan mengobati banyak penyakit," ungkap Yati dari Amethyst Ginseng Center, saat kunjungan ke Seoul, Korea Selatan, Selasa (30/10/2012) lalu.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata saponin dalam ginseng juga memiliki khasiat untuk kecantikan, antara lain menghambat penuaan, mengecilkan pori-pori wajah, menghaluskan kulit, dan membuat kulit lebih putih alami. Selain diminum, ginseng untuk kecantikan juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang efektif.

"Perempuan Korea suka mengonsumsi dan menggunakan ginseng sebagai bagian dari perawatan wajahnya sehingga kulitnya sangat halus, lembut, dan putih," tambahnya.

1. Perawatan harian
Campurkan 1/4 sendok teh ginseng bubuk dengan pelembab yang cocok dengan kulit. Campur sampai rata dan oleskan di wajah seperti biasa. Gunakan pelembab ini dua kali sehari.

2. Perawatan mingguan
Jika digunakan sebagai masker, ginseng bubuk ini bisa dicampurkan dengan beberapa bahan lain seperti telur, madu, dan plain yogurt, dan aplikasikan ke wajah setiap seminggu sekali.
Kulit kering:  Campurkan satu butir kuning telur dengan satu sendok teh ginseng bubuk. Aduk rata, dan oleskan merata pada wajah. Diamkan sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat.
Kulit berminyak: Campurkan satu butir putih telur dengan satu sendok teh ginseng bubuk. Aduk rata dan oleskan pada wajah. Setelah mengering, bilas dengan air hangat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com