Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2012, 08:40 WIB

BUSAN, KOMPAS.com Setiap orang punya cara berbeda untuk mengoreksi bagian wajah yang dianggap kurang menarik. Salah satu cara yang dilakukan para perempuan Korea untuk memiliki wajah cantik sempurna adalah operasi plastik dan injeksi filler (penyuntikan untuk membuat fitur wajah tampak lebih ideal). Kedua prosedur kecantikan ini sudah menjadi prosedur yang umum dilakukan oleh klinik-klinik kecantikan di negeri ginseng tersebut.

Di Korea, operasi plastik tidak hanya dilakukan oleh remaja perempuan, tetapi juga laki-laki. Sebagian besar remaja merasa tidak puas dengan bentuk hidung mereka yang cenderung pesek dan besar seperti tipikal hidung Asia pada umumnya. Mereka mendambakan bentuk hidung yang mancung, kecil, dan lurus seperti hidung Eropa.

Selain hidung yang lebih mancung, remaja Korea juga menginginkan proporsi sudut hidung yang sempurna. Dr MJ Kim dari Rejuve Dermatology, Busan, Korea Selatan, mengungkapkan bahwa proporsi ideal bentuk hidung yang sempurna adalah yang lurus dari pangkal sampai ke ujungnya. Hidung yang sempurna juga memiliki sudut kemiringan 90-95 derajat antara hidung dan bibir (jika dilihat dari samping wajah).

"Proporsi ini juga dilihat dari perbandingan daerah kosong antara hidung, bibir, dan dagu. Idealnya, perbandingannya adalah 1:2," ungkap Dr Kim, saat workshop di Busan, Korea Selatan, beberapa waktu lalu.

 wajah

Lebih dari 80 persen perempuan Korea melakukan injeksi dermal filler di ujung hidung, dan rhinoplasty (operasi untuk mengoreksi atau mengubah bentuk hidung dengan mengubah struktur tulangnya).

"Meski filler punya risiko lebih kecil dan waktu penyembuhan yang lebih cepat dibanding operasi plastik, sampai saat ini peminat operasi plastik masih lebih tinggi karena hasilnya permanen," kata Dr Ye Shik Shin, MD, dari Navi Plastic Surgery Clinic di Seoul.

Dr Shik mengungkapkan, untuk membuat hidung lebih mancung, biasanya para dokter bedah plastik melakukan perubahan struktur tulang hidung dan mengaturnya agar tulang lebih tinggi dari sebelumnya. Perubahan struktur tulang ini juga dilakukan untuk membentuk sudut ideal antara bibir dan pangkal hidung.

Hidung bukan satu-satunya bagian wajah yang ingin dikoreksi. Bagian wajah lain yang paling ingin diubah adalah mata. Mata orang Korea yang cenderung sangat kecil membuat banyak orang ingin memperbesar ukuran mata dan membentuk kelopak mata atas. Namun, beberapa waktu lalu, banyak perempuan Korea juga melakukan eye lower augmentation untuk membentuk kantung mata.

"Menurut mereka, kantung mata itu cantik karena bisa membuat wajah mereka sedikit lebih bervolume," tambah Dr Kim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com